KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN IKAN TENGGIRI (SCOMBEROMORUS COMMERSONI) KERING DI KOTA BENGKULU

Pakpahan, Lestari and Indra, Cahyadinata and Irnad, Irnad (2023) KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN IKAN TENGGIRI (SCOMBEROMORUS COMMERSONI) KERING DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
LESTARI PAKPAHAN-E2D021007-S2 AGRIBISNIS - Lestari Pakpahan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Ikan asin atau ikan kering adalah salah satu jenis olahan ikan yang dapat
membantu mengatasi pembusukan pada ikan dan dapat pula meningkatkan harga jual
pada ikan. Produk-produk perikanan yang diolah dan diawetkan menjadi ikan kering
ada berbagai macam salah satunya yaitu Ikan Tenggiri (Scomberomorus commersoni).
Penelitian ini akan memakai alat analisa (Customer Satisfaction Index) untuk
menganalisis tingkat kepuasan, Piramida Loyalitas untuk menganalisa tingkat
Loyalitas dan Struktural Equation Modelling (SEM) guna menganalisa pengaruh antar
variabel.
Hasil perhitungan CSI untuk produk Ikan Tenggiri kering yang ada di Kota
Bengkulu adalah 79,59%. Hasil ini menunjukkan tingkat kepuasan konsumen Ikan
Tenggiri kering di Kota Bengkulu masuk pada kriteria puas dengan nilai CSI diantara
66%-80,99% Atribut yang memiliki nilai Weighted Score tertinggi adalah untuk
atribut 7, 15, 8, 16,1 dan 2 (kebersihan Ikan Tenggiri kering, rasa Ikan Tenggiri
kering, bau atau aroma Ikan Tenggiri kering, keakuratan timbangan saat melakukan
penimbangan ikan kering , kebersihan tempat penjual Ikan Tenggiri kering). Tingkat
loyalitas yang telah dianalisis menghasilkan bentuk piramida terbalik, Loyalitas
konsumen Ikan Tenggiri kering di Kota Bengkulu dengan nilai tertinggi terletak pada
kategori Liking The Product dengan nilai 143% dan nilai tertinggi kedua terletak pada
nilai Satisfied Buyer yaitu 130%, Nilai tertinggi ketiga yaitu Commite Buyer dengan
nilai 105% dan nilai tertinggi ke empat yaitu Habitual Buyer sebesar 103% serta nilai
terendah terletak pada Switcher Buyer dengan nilai 94.
Pada uji simultan pengaruh langsung variabel kualitas produk, harga dan
tempat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pada Ikan Tenggiri kering di Kota
Bengkulu akan tetapi variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap
kepuasan. Pada uji simultan pengaruh langsung variabel kualitas produk dan kualitas
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen sementara variabel
harga dan tempat tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Ikan
Tenggiri kering di Kota Bengkulu. Hasil analisis pengaruh tidak langsung menyatakan
bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
melalui kepuasan, dan variabel kualitas produk, harga dan tempat yang berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen Ikan Tenggiri kering melalui kepuasan.
Kata Kunci : Kepuasan, Loyalitas, Ikan Tenggiri kering

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:32
Last Modified: 26 Aug 2025 01:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24012

Actions (login required)

View Item
View Item