Fitri, Aisiyah Alifia and Nikmah, Nikmah (2023) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KESEMPATAN BERTUMBUH, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
((SKRIPSI DAFTAR PDF)) C1C018157 AISIYAH ALIFIA FITRI - Aisiyah Alifia Fitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social
responsibility, kesempatan bertumbuh, profitabilitas dan leverage terhadap
earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia. Penentuan sampel menerapkan metode purposive sampling
sehingga memperoleh sampel terpilih sebanyak 62 perusahaan manufaktur di
Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data sekunder yang diperoleh dari data keuangan melalu website
www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan
eviews.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa corporate social
responsibility tidak berpengaruh terhadap terhadap earnings response coefficient,
kesempatan bertumbuh berpengaruh negatif terhadap earnings response
coefficient, profitabilitas berpengaruh positif terhadap earnings response
coefficient, dan leverage tidak berpengaruh terhadap earnings response
coefficient.
Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi para investor
dalam memperoleh informasi laba menggunakan earnings response coefficient
(ERC). Earnings response coefficient digunakan untuk mengindikasikan
kemungkinan naik turunnya harga saham atas reaksi pasar terhadap informasi laba
yang diumumkan Perusahaan, dengan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap ERC dalam penelitian ini yaitu, kesempatan bertumbuh dan
profitabilitas. Secara teoritis, penelitian ini mengandung makna dapat memberikan
tambahan pengetahuan, sebagai informasi dalam hal pengembangan ilmu
akuntansi.
Keterbatasan dalam penelitian ini ialah pada uji normalitas data tidak
terdistribusi normal, sehingga saran bagi peneliti selanjutnya perlu
x
xi
mempertimbangkan untuk menggunakan sampel atau variabel lain yang lebih luas
dan memperpanjang periode pengamatan.
Kata Kunci : Earnings Response Coefficient, Corporate Social Responsibility,
Kesempatan Bertumbuh, Profitabilitas, Leverage
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:27 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24080 |