Beeneke, Adhelia and Lisa, Martiah Nila Puspita (2023) PENGARUH LOCUS OF CONTROL, INTEGRITAS, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Adhelia Beeneke_C1C019096 - Adhelia Beeneke.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Mahasiswa akuntansi menyadari adanya lebih banyak kesempatan untuk
curang dalam ujian daring daripada ujian tatap muka. Di Indonesia, kecurangan
akademik yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa adalah menyontek untuk
tugas kuliah yang seharusnya dikerjakan sendiri, memberikan jawaban kepada
rekan saat ujian, dan mengutip dalam tugas. Perilaku kecurangan akademik menjadi
bibit dari aksi kecurangan yang semakin meningkat di waktu yang akan datang,
yang dapat menimbulkan dampak yang lebih merugikan, misalnya kasus melanggar
etika kerja ataupun tindak pidana.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh internal
locus of control, integritas dan prestasi belajar terhadap perilaku kecurangan
akademik mahasiswa akuntansi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif
dengan menggunakan desain penelitian survei. Penelitian ini menggunakan data
primer yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui link google
form. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Kriteria
pengambilan sampel adalah mahasiswa akuntansi S1 angkatan 2019 dan 2020 di 5
universitas di Sumatera bagian selatan, dan telah menempuh mata kuliah etika atau
mata kuliah yang mengandung etika seperti: etika bisnis/pendidikan etika,
komunikasi bisnis/pengembangan karakter, dan pengauditan. Total sampel dari
penelitian ini adalah 138 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa secara
parsial, locus of control internal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi, integritas berpengaruh negatif
dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi,
prestasi belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan
akademik mahasiswa akuntansi, locus of control internal, integritas dan prestasi
belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan
akademik mahasiswa akuntansi.
Melalui hasil tersebut disarankan kepada perguruan tinggi untuk
mengembangkan intervensi yang efektif untuk mencegah atau mengurangi
kecurangan akademik dan mendidik mahasiswa dalam pembentukan karakter dan
kepribadiannya.
vii
Kata kunci: Integritas, Locus of Control, Perilaku Kecurangan Akademik, dan
Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:52 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24081 |