Karmila, Karmila and Aryulina, Diah and Abas, Abas (2006) KONDISI LABORATORIUM SAINS-BIOLOGI DI SMPN KOTA BENGKULU DALAM RANGKA PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-KAR-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-KAR-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-KAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (859kB)
![IV,V-KAR-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-KAR-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-KAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (860kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi laboratorium yang
meliputi ruangan dan media. Kondisi ruangan dilihat dari segi ukuran, sedangkan
kondisi media dilihat dari aspek ketersediaan jenis, kualitas, dan kecukupan jumlah
media untuk kerja kelompok. Populasi penelitian mencakup seluruh laboratorium
sains-biologi SMPN yang ada di Kota Bengkulu dengan jumlah 19 sekolah. Sampel
sekolah dipilih secara acak berstrata proporsional pada tiga kategori sekolah
berdasarkan nilai Ujian Akhir Semester IPA tahun 2004. Berdasarkan kategori
sekolah tersebut, maka sampel sekolah adalah satu sekolah kategori baik yaitu SMPN
1, dua sekolah kategori sekolah cukup yaitu SMPN 11 dan SMPN 15, serta satu
sekolah kategori kurang yaitu SMPN 9. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif dengan variabel penelitian adalah kondisi laboratorium sains-
biologi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan angket. Teknik
analisa data adalah secara deskriptif persentase, rata-rata, dan pengkategorian kondisi
laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sekolah kategori baik,
kondisi laboratoriumnya tergolong kurang. Kurang dan sangat kurang pada sekolah
kategori cukup, dan sangat kurang pada sekolah kategori kurang. Jenis alat yang yang
dibutuhkan untuk menunjang penerapan KBK, namun tidak tersedia di sekolah yaitu
atmometer, potometer, charta hidung, charta kulit, charta lidah, model ginjal, model
lidah, dan model hidung.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 10:01 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 10:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2412 |