Manullang, Victor Carolus and Septri, Widiono and Redy, Badrudin (2020) ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELAPA SAWIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN SALURAN PEMASARAN DI DESA LUBUK BENTO KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI VICTOR ( E1D014195).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Sub sektor perkebunan sebagai salah satu bagian dari pertanian dalam arti luas
merupakan komponen utama yang penting dalam perekonomian Indonesia. Di mana
hampir setiap tahunnya selalu di adakan pembukaan lahan-lahan baru untuk sektor
perkebunan. Peran pemerintah sangat penting untuk memajukan sektor perkebunan di
Indonesia khususnya perkebunan kelapa sawit yang setiap tahun produksinya mengalami
peningkatan..
Kecamatan pondok suguh merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten
MukoMuko yang memiliki perkebunan kelapa sawit milik masyarakat yang cukup luas.
Menurut Badan Pusat Statistik(BPS)Kecamatan Pondok suguh(2016).Luas lahan untuk
perkebunan kelapa sawit mencapai 9 725,00 Hektar dengan total panen keseluruhan
mencapai 25 820,00 Ton, sehingga hampir seluruh penduduk yang ada di kecamatan
pondok suguh memiliki perkebunan kelapa sawit, Hal tersebut menyebabkan kecamatan
pondok suguh lebih unggul dalam perkebunan kelapa sawit dari 11 kecamatan lainnya
yang ada dikabupaten Mukomuko.Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten
Mukomuko(2017), Kecamatan Pondok Suguh menduduk peringkat ke 4 dangan luas lahan
mencapai 10 155.00 hektar naik dari 9 725.00 ditahun 2016 sedangkan untuk peringkat
pertama yaitu kecamatan Teras Terunjam dengan luas lahan mencapai 15 887.00 hektar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis saluran pemasaran kelapa sawit
dan faktor-faktor yang mempengaruhi petani kelapa sawit dalam memilih saluran
pemasaran di Desa Lubuk Bento pada tanggal 10 April-10 Mei 2019. Penelitian
menggunakan metode Margin Pemasaran dan Logistic Binary. Hasil penelitian
menunjukkan saluran pemasaran adalah petani menjual langsung produksi kepabrik dan
faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah lama pendidikan formal, luas lahan,
keoemilikan kendaraan dan persepsi harga. Nilai Distribusi hasil prosuksi kelapa sawit
sebesar 122,406,662 kg/Mt. Dari total produksi tersebut sebesar 43,703,833 kg (30,75%)
dijual memalui pedagang pengumpul dan sebesar 78,702,829 kg ((69,25%) dijual langsung
ke konsumen akhir (pabrik).Untuk margin pemasaran pada pedagang pengumpul berbedabeda pengepul 1 sebesar 160/kg dengan persentase 13,79%, untuk pengepul 2 sebesar Rp
210/kg dengan persentase 18,10% dan untuk pengepul 3 sebesar Rp 180/kg dengan
persentase 15,52%.Hal ini disebab kan karna harga ditingkat pengepul berbeda. Untuk
margin pemasaran petani menjual langsung ke pabrik sebesar Rp 1.160/Kg dengan nilai
persentase 100%. Hasil Logostic Binary dari tujuh variabel faktor faktor yang
mempengaruhi petani memilih saluran pemasaran ada 4 variabel yang berpengaruh positif
yaitu. 1. lama pendidikan formal dengan nilai signifikansi 0,092, 2. luas lahan dengan nilai
signifikansi 0,034, 3. kepemilikan kendaraan dengan nilai signifikansi 0,078 dan 4.
persepsi harga dengan nilai signifikansi sebesar 0,147
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 04:27 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24139 |