ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PETERNAK AYAM KAMPUNG JAWA SUPER (JOPER) DI KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Afrizal, Afrizal and Basyarudin, Zain and Sutriyono, Sutriyono (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PETERNAK AYAM KAMPUNG JAWA SUPER (JOPER) DI KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Afrizal 03-03-2020 (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan daging ayam di Indonesia saat ini sudah meningkat beriringan dengan
kesadaran masyarakat untuk mencukupi kebutuhan protein hewani, terutama dari daging
unggas. Usaha di bidang peternakan ayam kampung yang ada harus memiliki strategi
pemasaran untuk terus bertahan di bisnis ini mengingat persaingan dari peternak asing
yang terus ingin memasuki pasar Indonesia.
Salah satu ayam untuk mencukupi permintaan daging ayam di pasaran yaitu ayam
kampung jawa super (JOPER). Ayam ini di pilih sebagai ayam pedaging dikarenakan
memiliki keunggulan seperti harga jual yang tinggi, konversi pakan yang cukup baik
dibanding ayam kampung lainnya, waktu pemanenenan yang cepat, tahan akan penyakit
unggas yang sering menyerang, dan sebagainya.
Penelitian ini bertujuan Untuk menyusun strategi pemasaran ayam kampung jawa
super (JOPER) oleh peternak di kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Penelitian ini
dilakukan dengan metode survey yaitu pengamatan secara langsung dan pengisian
kuisioner dengan para peternak ayam JOPER. Data yang diperoleh berupa biodata para
peternak dan dijelaskan menggunakan analisis deskriptif, serta uji strategi pemasaran
menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunity, Threat) untuk
mengevaluasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki internal usaha serta peluang dan
ancaman di lingkungan usaha.
Hasil analisis diperoleh data, nilai IFE yaitu sebesar –0,111 dan nilai EFE sebesar
1,016 berada pada posisi kuadran II atau Strategi Improvement. Situasi ini memiliki
peluang yang sangat besar, tetapi dilain pihak menghadapi beberapa kendala/kelemahan
internal. Fokus strateginya adalah meminimalkan masalah-masalah internal sehingga dapat
merebut peluang lebih baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 03 Sep 2025 01:20
Last Modified: 03 Sep 2025 01:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24207

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200