PENERAPAN MOBILE INTERFACE GUIDELINES PADA MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING

Putri, Nadila Zumitia and Desi, Andreswari and Andang, Wijanarko (2024) PENERAPAN MOBILE INTERFACE GUIDELINES PADA MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Naskah Skripsi(G1A019093) Nadila Zumitia-1 - nadila zumitia putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi berbasis Android sebagai media edukasi
stunting yang diberi nama aplikasi Gemanting, serta untuk mengetahui pengaruh
aplikasi Gemanting terhadap peningkatan pemahaman Ibu mengenai topik
stunting. Penelitian ini menerapkan metode R&D 4D dan metode pengembangan
MDLC, serta pendekatan mobile interface guidelines untuk panduan perancangan
antarmuka pengguna yang disesuaikan dengan target pengguna dengan rentang
umur 20-35 tahun. Aplikasi Gemanting menyediakan materi berupa teks, gambar,
video, kalkulator IMT, kuis pre-test dan post-test. Berdasarkan pengujian prestasi
pemahaman pengguna yang telah dilakukan kepada 30 ibu anggota Posyandu di
Desa Melao, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, dari hasil pre-test
dan post-test diperoleh hasil uji Wilcoxon signed-rank terhadap pengguna dengan
nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) yang artinya Ha diterima yang
menunjukan bahwa uji coba aplikasi Gemanting berpengaruh terhadap
peningkatan pemahaman ibu mengenai stunting.
Kata Kunci: Android, Ibu muda, Gemanting, Media Edukasi, Mobile Interface
Guidelines, Material Design Guidelines, Wilcoxon, R&D 4D, MDLC, Stunting

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 04 Sep 2025 04:04
Last Modified: 04 Sep 2025 04:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24309

Actions (login required)

View Item
View Item