ANALISIS PEMASARAN SARANG BURUNG WALET PUTIH (Collocalia fuciphaga) DI KOTA LUBUKLINGGAU

Alfarazi, Asrinaldi Juli and Reswita, Reswita and Ellys, Yuliarti (2024) ANALISIS PEMASARAN SARANG BURUNG WALET PUTIH (Collocalia fuciphaga) DI KOTA LUBUKLINGGAU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI ASRINALDI JULI ALFARAZI - silva dwiyolanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Kota Lubuklinggau fokus pada pemasaran sarang burung
walet, melibatkan 20 produsen dan 3 pedagang pengumpul. Jenis data yang digunakan
adalah kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
kuesioner, dan studi dokumen. Data diperoleh dari observasi lapangan, wawancara,
literatur, dan dokumentasi perusahaan. Metode pengumpulan data melibatkan
dokumentasi, observasi, dan wawancara. Studi pustaka digunakan untuk mendukung
tujuan penelitian. Analisis data melibatkan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Evaluasi jalur pemasaran dan keuntungan petani dilakukan melalui analisis margin
pemasaran dan farmer’s share. Variabel yang diukur melibatkan produksi, saluran
pemasaran, pemasaran, lembaga pemasaran, harga, alur produk, pengusaha, pedagang
pengumpul, pedagang besar, margin pemasaran, dan farmer’s share.
Penelitian ini fokus pada karakteristik pengusaha sarang burung walet (produsen),
lembaga pemasaran sarang burung walet, saluran pemasaran, dan margin pemasaran.
Pengusaha sarang burung walet memiliki karakteristik berdasarkan umur, jenis kelamin,
jumlah anggota keluarga, lama pendidikan formal, pengalaman usaha, dan luas gedung.
Mayoritas pengusaha memiliki umur produktif, berjenis kelamin laki-laki, memiliki jumlah
anggota keluarga 3-4 orang, lama pendidikan formal rata-rata 14 tahun, memiliki
pengalaman usaha rata-rata 7 tahun, dan luas gedung rata-rata 241 m². Saluran pemasaran
sarang burung walet melibatkan produsen, pedagang pengumpul, dan eksportir. Terdapat
satu saluran pemasaran dengan satu tingkat, yaitu pedagang pengumpul. Margin pemasaran
diperoleh dari selisih harga antara produsen dan eksportir. Terdapat tiga jenis sarang
burung walet dengan grade A (mangkok), grade B (segitiga), dan grade C (patahan).
Margin pemasaran untuk masing-masing grade berbeda.
Penelitian ini menunjukkan margin pemasaran yang besar. Saluran pemasaran
terlibat hanya satu saluran saja. Hasil penelitian memberikan gambaran tentang
karakteristik pengusaha, lembaga pemasaran, saluran pemasaran, dan margin pemasaran
dalam produksi dan pemasaran sarang burung walet.
Kata kunci: Pemasaran Sarang Burung Walet, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, dan
farmer’s share.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:35
Last Modified: 08 Sep 2025 01:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24346

Actions (login required)

View Item
View Item