STUDI KOMPARATIF HASIL PENGAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA VISUAL DI KELAS II SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Sukardi, Sukardi and Sumpono, Sumpono and Amir, Hermansyah (2005) STUDI KOMPARATIF HASIL PENGAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA VISUAL DI KELAS II SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-SUK-FKIP.pdf] Text
I,II,III-SUK-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (426kB)
[thumbnail of IV,V-SUK-FKIP.pdf] Text
IV,V-SUK-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia
siswa yang diterapkan pembelajaran menggunakan media visual dan media audio-
visual dikelas 2 SMAN 6 Kota Bengkulu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SMAN 6 Kota
Bengkulu, dan yang dijadikan sampel adalah kelas 2.3 sebagai kelas yang
diterapkan media visual (transparansi warna) dan kelas 2.1 sebagai kelas yang
diterapkan media audio-visual (PowerPoint dengan suara). Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan test, baik pada kelas yang diterapkan media
visual maupun kelas yang diterapkan media audio-visual.
Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan
5 %. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hit = 1,9 dan t tab (0,95)(84) = 1,67, dimana
t hitung > t tabel . Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-
rata prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia yang menggunakan media
visual dengan yang menggunakan media audio-visual di kelas 2 SMAN 6
Bengkulu. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa dengan media visual adalah
sebesar 73,27 sedangkan kelas dengan menggunakan media audio-visual sebesar
80,48. Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
yang diterapkan media audio-visual lebih baik daripada pembelajaran yang
diterapkan media visual.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:14
Last Modified: 29 Nov 2013 11:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item
View Item