PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG TERBENTUKNYA KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN PENERAPAN LIFE SKILL PADA KELAS VII D DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Dartini, Dartini and Fachruddin, M and Johar T, Asahar (2006) PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG TERBENTUKNYA KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH APLIKASI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN PENERAPAN LIFE SKILL PADA KELAS VII D DI SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-DAR-FKIP.pdf] Text
I,II,III-DAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[thumbnail of IV,V-DAR-FKIP.pdf] Text
IV,V-DAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui cara-cara menumbuhkan
life skill pada siswa kelas VIId SMP N 16 Kota Bengkulu dalam menyelesaikan
aplikasi aritmetika sosial, (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
menyelesaikan masalah aplikasi aritmatika sosial dengan penerapan life skill, (3)
Untuk mengetahui respon siswa kelas VIId SMP N 16 Kota Bengkulu dengan
penerapan life skill. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 16
Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 19
orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas
meliputi : Rencana Tindakan Pelaksanaan Tindakan
Observasi Analisis Data Refleksi Rencana Tindakan selanjutnya.
Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, persentasi, laporan dan quiz,
PR, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperolessh kesimpulan (1) Bahwa cara
yang dilakukan dalam penelitian untuk menumbuhkan kecakapan hidup yaitu dengan
cara mensimulasikan aritmetika sosial tentang kegiatan ekonomi yang pertama
pembuatan pasar di dalam kelas untuk melakukan jual beli, yang kedua dengan
melakukan praktek langsung hal ini telah mampu meningkatkan kecakapan siswa
dan untuk kecakapan khusus dilakukan di siklus ketiga yaitu kecakapan dalam
pembuatan bata. (2) Siswa telah mampu menyelesaikan masalah aplikasi arimetika
sosial dengan penerapan Life Skill, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata tiap
siklus yang mengalami peningkatan, yaitu siklus I = 6,84 dengan ketuntasan klasikal
48,57%, siklus II = 7,7 dengan ketuntasan klasikal 57,14%, siklus III = 8,72 dengan
ketuntasan klasikal 80%, penelitian dihentikan di siklus ketiga karena telah
memenuhi indikator keberhasilan. (3) Penerapan Life Skill pada pokok bahasan
aritmetika sosial dapat diikuti dan diterima dengan baik oleh siswa, hal ini dapat
ditunjukkan dari 35 siswa 100% memberikan respon positif terhadap pembelajaran
yang dilakukan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:22
Last Modified: 29 Nov 2013 11:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200