Marniati, Marniati and Johar, Asahar and Fachruddin, M. (2006) PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS PROBLEM POSING SECARA BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-MAR-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-MAR-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-MAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
![IV,V-MAR-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-MAR-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-MAR-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa terhadap
pembelajaran matematika yang menerapkan metode pemberian tugas Problem Posing
secara berkelompok; (2) Untuk mengetahui apakah penerapan metode pemberian tugas
Problem Posing secara berkelompok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika
siswa; (3) Untuk mengetahui bagaimanakah respon siswa terhadap pembelajaran
matematika yang menerapkan metode pemberian tugas Problem Posing secara
berkelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIC SMP Negeri 10 Kota
Bengkulu yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 15 siswa
perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action
Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas meliputi : Rencana
Tindakan ⇒ Pelaksanaan Tindakan ⇒ Observasi ⇒ Refleksi ⇒ Rencana Tindakan
selanjutnya. Siklus akan dihentikan jika ketuntasan belajar klasikal sudah mencapai
85 %. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, angket, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa (a) penerapan
pembelajaran matematika dengan metode pemberian tugas Problem Posing secara
berkelompok dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran, dimana
siswa terlibat aktif langsung dalam memilih dan membuat soalnya sendiri, kemudian
menyelesaikannya menurut konsep materi yang sudah dipelajari. Keaktifan siswa
meningkat dari siklus I sampai siklus III. Penerapan metode pemberian tugas Problem
Posing secara berkelompok pada pengajaran matematika yang mengaktifkan siswa dapat
dilakukan dengan cara : (i) Siswa secara berkelompok diberikan kesempatan untuk
memilih soal yang ada pada buku paket atau LKS dan membuat soal yang mirip dengan
contoh soal buatan guru atau berdasarkan buku paket kemudian menyelesaikannya. (ii)
Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok dan bertanya kepada guru bila ada kesulitan.
(iii) Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (soal yang dipilih
atau dibuat siswa beserta jawabannya) dipapan tulis. (iv) Siswa (kelompok lain) diminta
untuk menanggapi hasil kerja kelompok temannya. (v) Siswa bersama-sama
menyimpulkan dari jawaban-jawaban yang disampaikan untuk menarik definisi atau
konsep matematika. (b) ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IIC dilihat dari rata-rata
nilai yang diperoleh siswa dari siklus I hingga siklus III. Dimana rata-rata nilai siklus I,II
dan III adalah 73,1 ; 79,8 ; dan 81,1. Ada kenaikan rata-rata nilai siswa sebesar 6,7 dari
siklus I ke siklus II. Sedangkan kenaikan rata-rata nilai dari siklus II ke siklus III sebesar
1,3. (c) siswa memberikan respon positif terhadap kegiatan belajar dengan menggunakan
metode pemberian tugas Problem Posing secara berkelompok. Dari hasil penyebaran
angket pada akhir siklus ke III didapatkan persentase respon siswa sebesar 100 %.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 11:38 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 11:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2443 |