LAKSANA, ADITYA WAHYU and Aan, Erlanshari and Mochammad, Yusa (2024) MARKET BASKET ANALYSIS PADA TOKO XYZ MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI Aditya (G1A017048)-1 - Aditya WL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Salah satu faktor kunci dalam mempertahankan pelanggan adalah dengan melakukan
pendekatan yang baik terhadap mereka. Dalam konteks ini, penempatan produk dalam
toko juga menjadi faktor penting serta informasi tentang perilaku dan kebutuhan
konsumen. Menerapkan Market basket analysis (MBA) pada pola belanja customer
memberikan wawasan dalam memahami preferensi dan kebutuhan seorang customer
yang mencakup pembelian customer dalam periode tertentu. Metode yang digunakan
dalam melakukan penelitian ini yaitu CRISP-DM. penelitian dilakukan dengan
mengumpulkan data, setelah data didapatkan di ubah kedalam bentuk tabel tabular ,
kemudian menentukan parameter minumum support untuk pembangkitan k-itemset,
setelah k-itemset diperoleh menentukan nilai confidence k-itemset, tahap selanjutnya
yaitu membentuk aturan asosiasi, tahap terakhir melakukan evaluasi dan kemudian
penelitian diakhiri. Pada tahap ini dilakukan pembangkitan itemset berdasarkan batas
minimum support. Dilakukan beberapa percobaan dengan beberapa minimum support
hingga menemukan minimum support terbaik sebesar 0.001. Terdapat 24 aturan
asosiasi dibentuk yang memenuhi syarat dari minimum threshold, Kemudian hasil ini
dapat digunakan untuk menganalisis dan memahami pola atau hubungan antar item
dalam data transaksi. Menentukan item yang paling banyak terjual. Aturan asosiasi
yang dihasilkan dapat dipakai sebagai acuan dalam penjualan seperti menemukan
kombinasi dari produk yang sering dibeli konsumen secara bersamaan, mengatur
penempatan barang atau pemberian diskon. Nilai support yang ditentukan akan
mempengaruhi dalam pembentukan rules yang dibangkitkan, kombinasi itemset yang
didapatkan hanya sebatas 2 itemset yang memenuhi minumum support. Nilai lift
dihasilkan mulai dari yang terbesar bernilai 47.047183 hingga terkecil sebesar
1.346935 sehingga rules tersebut signifikan atau bermanfaat dalam menjadi acuan.
Kata Kunci : Market basket analysis, Apriori, rules, lift, support
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 04:28 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24436 |