Putri, Yossy novita indah and Idris, Irsal and Fachruddin, M. (2006) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-YOS-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-YOS-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-YOS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
![IV,V-YOS-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-YOS-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-YOS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan
siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif
melalui metode NHT pada pokok bahasan Teorema Pythagoras.(2) Untuk mengetahui
bagaimana daya tarik siswa yang pembelajarannya dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif melalui metode NHT pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. (3) Untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran
kooperatif melalui metode NHT pada pokok bahasan Teorema Pythagoras.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IID SMP Negeri 10 Kota Bengkulu
yang berjumlah 35 orang, terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa
perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas meliputi : Rencana
Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Refleksi Rencana
Tindakan selanjutnya. Siklus dihentikan karena nilai rata-rata siswa memperoleh
peningkatan setiap siklus dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai 85% siswa
memperoleh nilai ≥ 6,5. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes , angket
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa (1)
Penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode Numbered Heads Together (NHT)
dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan proses pembelajaran dimana siswa
dapat berinteraksi dengan kelompoknya dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan
hasil dari lembar observasi aktivitas siswa didapatkan skor rata-rata keaktifan siswa
siklus I sebesar 16,5 dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 26 dengan kriteria baik dan
siklus III sebesar 28 dengan kriteria baik juga. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif
model Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat
diikuti dan diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil angket daya
tarik siswa dalam pembelajaran ini memperoleh persentase sebesar 94,3 % siswa
merespon positif dan 5,7 % siswa merespon negative sehingga dapat dikatakan bahwa
daya tarik siswa tersebut tinggi. 3) Penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode
Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat
meningkat hasil belajar siswa. Pada setiap siklus siswa mengalami peningkatan dalam
mengerjakan soal-soal tes akhir. Berdasarkan penilaian yang dilakukan diperoleh rata-
rata nilai tes akhir siswa pada siklus I, II, dan III yaitu berturut-turut 6,25, 6,91 dan 7,98.
Hal ini terlihat bahwa nilai rata-rata siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan
sebesar 0, 66 dan 1,07.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 11:50 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 11:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2445 |