ANALISIS PENURUNAN TANAH LUNAK TERHADAP PERKERASAN JALAN KAKU MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (Studi Kasus: Jalan Srijaya Raya, Kota Palembang)

Fadhilah, Nurul and Lindung, Zalbuin Mase and Hardiansyah, Hardiansyah (2025) ANALISIS PENURUNAN TANAH LUNAK TERHADAP PERKERASAN JALAN KAKU MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (Studi Kasus: Jalan Srijaya Raya, Kota Palembang). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
[SKRIPSI] M. HABIB MUSHLIH (G1B019104) - Mushlih Habib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perkerasan kaku merupakan perkerasan jalan yang umum digunakan pada
kondisi tanah dasar lunak karena dapat mengantisipasi penurunan tanah pada
arah melintang maupun memanjang trase jalan sebagai akibat distribusi beban
yang tidak merata akibat tanah yang tidak homogen. Perkerasan jalan yang
dilewati oleh beban berlebihan maka akan mengakibatkan jalan tersebut
mengalami penurunan tanah yang akan berpengaruh juga terhadap perlapisan
tanah dibawahnya sehingga diperlukan adanya penelitian mengenai masalah
tersebut. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga yang bertujuan
untuk mengetahui penurunan vertikal tanah (Uy), penurunan maksimum 3650
hari, dan faktor aman (Msf) yang terjadi pada perlapisan tanah lunak terhadap
perkerasan jalan kaku di jalan Srijaya Raya, Kota Palembang. Karakteristik
tanah di ruas Jalan Srijaya Raya didominasi oleh tanah lempung dengan
plastisitas rendah sampai sedang yang bersifat dominan lunak sehingga dapat
menyebabkan kerusakan jalan yang cukup signifikan jika tidak dilakukan
perawatan. Berdasarkan penelitian didapatkan nilai penurunan tanah maksimum
beban terdistribusi berada di STA 0+806 pada titik BH-02 yang berada di
Jembatan Air Waru Arah Indralaya yaitu sebesar -0,04847 m dengan faktor
keamanan sebesar 1,650 dan penurunan tanah maksimum selama 3650 hari
berada di STA 2+103 pada titik BH-04 yang berada di Jembatan Air Kenanga
Arah Palembang sebesar -0,753 m.
Kata Kunci : Perkerasan kaku, Metode elemen hingga, Penurunan Tanah,
Faktor Keamanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:05
Last Modified: 11 Sep 2025 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24476

Actions (login required)

View Item
View Item