BOBY, ZAPUTRA and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Wafiya, Wafiya (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PRINSIP TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK PADA PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) NUSA INDAH KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI 1 - Bobby Zaputra.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalilis Perlindungan
Konsumen Terhadap Pelaksanaan Prinsip Transparansi Pelayanan Publik di PT
PLN Unit Pelayanan Pelaksana Pelanggan (UP3) Nusa Indah Kota Bengkulu,
menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas
mewajibkan setiap perseroan untuk menerapkan tata Kelola Perusahaan yang baik
GCG (good corporate governance) dalam menjalankan Perseroan. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hukum empris dengan pendekatan
deskriftif kualitatif. Dalam penelitian hukum empiris hukum dikonsepkan sebagai
suatu gejala empiris yang dapat diamati dalam kehidupan nyata, hukum secara
empiris merupakan gejala masyarakat, disatu sisi dapat di pelajari sebagai suatu
variable bebas atau penyebab ( independent variable) yang menimbulkan akibat -
akibat dalam berbagai aspek kehidupan sosial. Berdasarkan hasil yang peneliti
dapatkan di lapangan banyaknya pengaduan dan laporan dari konsumen PT PLN
terkait dengan tidak transparannya PT PLN dalam memberikan informasi. Selain
itu Masyarakat juga melaporkan pelayanan di PT PLN terkesan lambat, sehingga
hal ini menyebabkan kerugian bagi Masyarakat. kurangnya partisipasi masyarakat
dalam mengakses informasi yang di berikan PLN melalui PLN mobile dan akun
sosial media PLN menjadi kendala, danmerupakan tugas dan tanggung jawab PT
PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Nusa Indah Kota Bengkulu untuk
mengedukasi Konsumen agar tidak terjadi miskomunikasi antara PLN sebagai
penyedia jasa dan Masyarakat sebagai konsumen.
Kata kunci : Penerapan prinsip transparansi pelayanan publik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | Irma Rohayu, S.IPust |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:05 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24636 |