Lando, Lando and Purwaka, Purwaka and Fransiska, Timoria Samosir (2023) ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN IAIN CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Lando (D1B018062) fix - Lando_ndo.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Kepuasan pemustaka ataupun pengguna perpustakaan merupakan salah satu faktor keberhasilan pada pengembangan dan penerapan dari suatu sistem pada sebuah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pemustaka terhadap layanan referensi di perpustakaan IAIN Curup dengan menggunakan metode LibQUAL+ᵀᴹ. Metode tersebut adalah alat ukur untuk melakukan survei dalam menilai kualitas layanan di sebuah perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Random
Sampling yaitu Sampel yang terpilih adalah pemustaka yang sudah berkunjung dan menggunakan fasilitas ataupun jasa layanan referensi diperpustakaan IAIN Curup yang berjumlah 6.948 responden dari bulan januari sampai desember pada tahun 2022. Dari populasi tersebut ditentukan jumlah sampel berdasarkan rumus slovin berjumlah 99 responden. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan IAIN Curup Kabupaten
Rejang Lebong, dengan menggunakan metode LibQUAL+ᵀᴹ yang memiliki 3 dimensi yaitu Affect of Service, Information Control, Library as Place memperoleh nilai yang dikategorikan cukup puas atau dalam batas toleransi. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang peneliti temukan pada saat penelitian dilapangan yang kemudian peneliti olah didapati hasil yang menunjukan pemustaka cukup puas
dengan mengacu pada nilai yang diperoleh dari hasil pengolahan dan perhitungan dengan nilai Adegquancy Gap (AG) 2.88 (cukup puas) pada Pustakawan yang berkunjung pada layanan Referensi di Perpustakaan IAIN Curup Kabupaten Rejang Lebong
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:27 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24648 |