Sandra, Yose Triyurni and Novi, Tri Putri (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MARKET SHARE PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI YOSE TRIYURNI SANDRA (C1A019053) - Yose Triyurni S.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (849kB)
Abstract
Di era saat ini perbankan syariah menunjukkan perkembangan yang cukup
pesat, walaupun keberadaan perbankan di Indonesia sendiri masih didominasi oleh
bank konvensional. Market share (pangsa pasar) adalah perbandingan seberapa
besar atau seberapa banyak masyarakat menggunakan bank syariah dalam
melakukan transaksi ekonomi dan keuangan. Market share perbankan syariah di
Indonesia cenderung selalu meningkat, tetapi masih jauh dari target yang
diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inflasi, pertumbuhan
ekonomi, BI rate dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap market share
perbankan syariah di Indonesia periode 2015 - 2022.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif
yang bersumber dari Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa
Keuangan. Sedangkan metode yang digunakan yaitu regresi linear berganda dan
menggunakan program SPSS 25. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa
data time series dalam triwulan yang berjumlah 32 data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel inflasi dan
CAR berpengaruh signifikan positif, variabel BI rate berpengaruh signifikan negatif
terhadap market share perbankan syariah di Indonesia. Selanjutnya, variabel
pertumbuhan ekonomi tidak memiliki pengaruh terhadap market share perbankan
syariah di Indonesia. Secara Bersama-sama keseluruhan variabel independen
memiliki pengaruh signifikan terhadap market share perbankan syariah di
Indonesia.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ketika inflasi yang tinggi dapat
mendorong bank sentral menaikkan suku bunga yang akan berdampak terhadap
market share perbankan syariah. Bank syariah baiknya terus meningkatkan CAR
dikarenakan tingginya CAR akan meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap
perbankan syariah sehingga dapat meningkatkan market share perbankan syariah.
Selanjutnya jika BI Rate turun, perbankan syariah harus dapat bersaing agar
nasabah berpindah dari bank konvensional ke bank syariah.
Kata kunci: BI rate, CAR, inflasi, market share, dan pertumbuhan ekonomi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Development Economics |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24654 |