Hasanah, Uswatun and Irnad, Irnad and Rahmi, Yuristia (2024) PENGARUH INOVASI 4P (PRODUCT, PRICE, PROMOTION, PLACE) DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA UMKM SELENGEK CRISPY BENGKULU TENGAH). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
skripsi univ fix - Uswatun Hasanah16.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Dalam persaingan pasar, pemahaman dan pemenuhan kebutuhan konsumen merupakan
kunci untuk memenangkan loyalitas konsumen. Penelitian ini berfokus pada konsep
kepuasan konsumen, yang esensial bagi pembentukan citra positif produsen dan komunikasi
efektif antara produsen dan konsumen. Melalui inovasi dalam marketing mix 4P (Product,
Price, Promotion, dan Place) serta layanan, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan
konsumen dengan menyediakan nilai dan pengalaman yang memuaskan. Penelitian ini
dilakukan pada UMKM Selengek Crispy dengan tujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh
inovasi bauran pemasaran 4P terhadap kepuasan konsumen secara simultan; (2)
menganalisis pengaruh inovasi bauran pemasaran 4P terhadap kepuasan konsumen secara
parsial; (3) menganalisis pengaruh inovasi layanan terhadap kepuasan konsumen secara
parsial; dan (4) menganalisis pengaruh 4P dan inovasi layanan terhadap kepuasan konsumen
secara simultan.
Metode Accidental Sampling digunakan untuk menentukan sampel konsumen, dengan
jumlah responden sebanyak 96. Data primer dan sekunder, termasuk data kualitatif dan
kuantitatif, dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara. Analisis data
dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS 23., meliputi uji validitas,
reliabilitas, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) inovasi bauran pemasaran 4P berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen secara simultan; (2) inovasi produk, harga, dan tempat berpengaruh positif
terhadap kepuasan konsumen secara parsial, sementara inovasi promosi tidak; (3) inovasi
layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial; dan
(4) gabungan inovasi 4P dan layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen secara simultan. Sebagai rekomendasi, UMKM Selengek Crispy disarankan
untuk lebih aktif dalam promosi melalui media sosial.
Kata Kunci : Inovasi marketing mix (4P), Inovasi layanan, Kepuasan konsumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 02:11 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24704 |