Sari, Ericha Mutiara and Muhartini, Salim (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-MARKETPLACE SHOPEE PASCA COVID-19. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
ERICHA SKRIPSI 2023 - Ericha Mutiara sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer
Review, Online Customer Rating dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada
E-Marketplace Shopee Pasca Covid – 19. Alat analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis kuantitatif (uji validitas dan reliabilitas), analisis
regresi berganda, uji asumsi klasik (normalitas multikolinearitas dan
heteroskedastisitas), uji t dan koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk di online
marketplace Shopee yang berada di Bengkulu. Dalam penelitian ini diambil 140
responden sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan tekhnik purposive
sampling dengan kriteria konsumen yang pernah melakukan pembelian produk di
online marketplace Shopee yang berada di Bengkulu.
Dalam penelitian ini diambil 140 responden sebagai sampel. Penentuan
sampel menggunakan tekhnik purposive sampling dengan kriteria konsumen yang
pernah melakukan pembelian produk di online marketplace Shopee yang berada
di Bengkulu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel online customer
review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel online
customer rating berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan variabel
harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sehingga semua
hipotesis di terima.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika konsumen merasa puas akan
suatu produk yang dibelinya melalui e-marketplace shopee, kesesuaian produk,
kesesuaian harga, banyaknya promo, ketertarikan dan kenyamanan pada suatu
tempat maka konsumen itu akan memutuskan untuk membeli dan kembali lagi
untuk kedua kalinya dan seterusnya. Hal ini akan berdampak baik karena secara
tidak langsung dia akan mempromosikan baik pada teman ataupun keluarganya
untuk membeli pada tempat yang sama dalam hal ini pada e-marketplace shopee.
Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Harga,
Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 02:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24712 |