PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PRINSIP TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK PADA PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) NUSA INDAH KOTA BENGKULU

BOBY, ZAPUTRA and Nur, Sulistyo B Ambarini and Wafiya, Wafiya (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PELAKSANAAN PRINSIP TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK PADA PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) NUSA INDAH KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
FULL SKRIPSII - boby.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalilis Perlindungan
Konsumen Terhadap Pelaksanaan Prinsip Transparansi Pelayanan Publik di PT
PLN Unit Pelayanan Pelaksana Pelanggan (UP3) Nusa Indah Kota Bengkulu,
menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas
mewajibkan setiap perseroan untuk menerapkan tata Kelola Perusahaan yang baik
GCG (good corporate governance) dalam menjalankan Perseroan. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hukum empris dengan
pendekatan deskriftif kualitatif. Dalam penelitian hukum empiris hukum
dikonsepkan sebagai suatu gejala empiris yang dapat diamati dalam kehidupan
nyata, hukum secara empiris merupakan gejala masyarakat, disatu sisi dapat di
pelajari sebagai suatu variable bebas atau penyebab ( independent variable) yang
menimbulkan akibat - akibat dalam berbagai aspek kehidupan sosial. Berdasarkan
hasil yang peneliti dapatkan di lapangan banyaknya pengaduan dan laporan dari
konsumen PT PLN terkait dengan tidak transparannya PT PLN dalam
memberikan informasi. Selain itu Masyarakat juga melaporkan pelayanan di PT
PLN terkesan lambat, sehingga hal ini menyebabkan kerugian bagi Masyarakat.
kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi yang di berikan
PLN melalui PLN mobile dan akun sosial media PLN menjadi kendala, dan
merupakan tugas dan tanggung jawab PT PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3)
Nusa Indah Kota Bengkulu untuk mengedukasi Konsumen agar tidak terjadi
miskomunikasi antara PLN sebagai penyedia jasa dan Masyarakat sebagai
konsumen.
Kata kunci : Penerapan prinsip transparansi pelayanan publik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:05
Last Modified: 15 Sep 2025 03:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24735

Actions (login required)

View Item
View Item