ANALISIS PENERAPAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASIDELONE AND MCLEAN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ZOOM DI SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS

Halim, Irsyadul and Willy, Abdillah (2023) ANALISIS PENERAPAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASIDELONE AND MCLEAN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ZOOM DI SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Irsyadul Halim_C1B016123 - Irsyadul Halim.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sudah berlalu sejak 2019 ini mengakibatkan
Indonesia mengalami banyak perubahan pada semua aspek kehidupan termasuk
dalam bidang pendidikan, Di mana dengan adanya pembatasan interaksi antara
manusia yang satu dengan manusia yang lainnya mengakibatkan pemerintah
menyarankan agar pembelajaran dilakukan secara daring. Peralihan cara
pembelajaran ini membuat berbagai pihak perlu mengikuti peraturan yang
sekiranya dapat ditempuh agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
Pilihan yang paling tepat untuk dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh
adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran daring (E�Learning). Proses belajar-mengajar dalam e-learning dapat dilakukan oleh
siapapun, di manapun, dan kapanpun. Sehingga memanfaatkan media online
seperti zoom, google classroom, dll dapat menunjang terlaksananya pembelajaran
dengan baik. Walaupun pembelajaran dilaksanakan melalui daring dikarenakan
pandemi, mahasiswa tetap mendapatkan perkuliahan seperti biasanya.
Pembelajaran daring dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom. Fitur-fitur pada
aplikasi zoom yang dinilai mampu menunjang proses perkuliahan di FEB UNIB.
Penelitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi delone
and mclean. Model penelitian delone and mclean (2003) merupakan model
penelitian yang mengukur kesuksesan sistem informasi dari tiga aspek yaitu
kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan kemudian ketiga aspek
tersebut berpengaruh terhadap kepuasa pengguna dan selanjutnya akan
berpengaruh pada net benefit yang diperoleh dengan kepuasan pengguna menjadi
variable intervensinya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif di mana
terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
dengan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa FEB UNIB. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 183
responden. Analisis dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan SmartPLS
versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas sistem, kualitas
informasi, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan
pengguna dan kepuasan pengguna memiliki pengaruh terhadap Net Benefit.
Pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada kualitas sistem,
xii
mahasiswa memiliki kepuasan terhadap sistem zoom. Pada kualitas informasi
mahasiswa memiliki kepuasan terhadap informasi penggunaan zoom. Pada
kualitas pelayanan, mahasiswa memilik kepuasan terhadap pelayanan pada zoom
baik itu layanan offline yang telah disediakan maupun layanan berbayar yang
langsung terhubung ke customer service. Kemudian, kepuasan pengguna yang
baik berdampak pada net benefit sebagai efek yang timbul dari pemakaian aplikasi
yaitu zoom.
Kata Kunci: Quality of Systems, Quality of Information, Quality of
Service, User Satisfaction and Net Benefit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:34
Last Modified: 15 Sep 2025 04:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item
View Item