PEMENUHAN HAK PELANGGAN PREMIUM TERHADAP TINDAKAN PEMADAMAN LISTRIK OLEH PT. PLN (PERSERO) UP-3 BENGKULU

Robertus, Kevin Angelico and Wafiya, Wafiya and Nurhani, Fithriah (2025) PEMENUHAN HAK PELANGGAN PREMIUM TERHADAP TINDAKAN PEMADAMAN LISTRIK OLEH PT. PLN (PERSERO) UP-3 BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI - ROBERTUS KEVIN ANGELICO (B1A020083) - Kevin Robert.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Dalam era teknologi yang semakin maju, kebutuhan listrik menjadi sangat penting
bagi masyarakat, termasuk di Kota Bengkulu. PT. PLN (Persero) UP-3 Bengkulu
bertanggung jawab atas penyediaan listrik, termasuk bagi pelanggan premium yang
membayar lebih untuk mendapatkan layanan listrik yang berkualitas dan handal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan hak pelanggan premium
terkait dengan pemadaman listrik, serta tanggung jawab PT. PLN dalam menangani
dampak kerugian akibat pemadaman. Penelitian ini menggunakan metode hukum
empiris dengan data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa meskipun PT. PLN telah berusaha melakukan
perbaikan dan pemeriksaan rutin, kompensasi yang dijanjikan bagi pelanggan
premium belum terealisasi sepenuhnya. Masih terdapat kendala dalam
implementasi ganti rugi yang seharusnya diberikan kepada pelanggan yang terkena
dampak pemadaman. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kualitas layanan
serta perbaikan regulasi yang mendukung hak konsumen dalam sektor
ketenagalistrikan.
Kata kunci: Pelanggan, Pemadaman, Kompensasi, Listrik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:45
Last Modified: 17 Sep 2025 03:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24759

Actions (login required)

View Item
View Item