Amri, Edwin Kurniadi and Slamet, Widodo (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP LOYALITAS PEGAWAI MILENIAL PADA BANK BENGKULU AREA KOTA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Pasca Kompre fix cetak pdf. - edwin kurniadi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Loyalitas pegawai merupakan perilaku setia, patuh, taat, berusaha sebaik – baiknya untuk
membuat keputusan tidak keluar dari organisasi dan bersedia mengorbankan diri untuk
penuh tanggung jawab terhadap. Faktor yang mempengaruhinya adalah keberagaman
generasi, pemimpin yang memotivasi dan membantu karyawan mempercepat pertumbuhan
pribadi dan profesionalisme serta organisasi yang mampu melakukan peningkatan kualitas
lingkungan kerja yang aman, nyaman dan fleksibel dapat memuaskan dan memotivasi
karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas pegawai milenial di
Kantor Bank Bengkulu.
Pemimpin yang fokus dalam pemahaman emosional, peduli, berkomunikasi dan
memotivasi pegawai dengan baik, mendorong lingkungan kerja yang dinamis, membuat
karyawan merasa lebih nyaman ditempat kerja akan mengurangi keinginan mereka untuk
berhenti. Memiliki pegawai dengan loyalitas tinggi dapat mendukung kinerja organisasi
secara efektif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan menggunakan teknik sampling sensus.
Adapun data primer dari penelitian ini diperoleh dari kuesioner dalam bentuk google form
dan disebarkan melalui online. Dari penyebaran kuesioner didapatkan dari 201 responden
pegawai milenial Kantor Bank Bengkulu Area Kota. Data yang diperoleh selanjutnya
dianalisis dengan metode analisis regresi berganda dengan alat analisis SPSS 25.0 for
windows.
Hasil penelitian menunjukkan Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja secara
bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pegawai pada Kantor Bank
Bengkulu. Selanjutnya, masing – masing variabel yaitu kepemimpinan, motivasi dan
lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadal loyalitas
pegawai. Penelitian menyimpulkan bahwa kepemimpinan yang sesuai ekspektasi, motivasi
yang meningkat dan terpenuhinya kebutuhan melalui lingkungan kerja yang baik akan
meningkatkan loyalitas pegawai milenial di Kantor Bank Bengkulu.
Penelitian menyimpulkan bahwa pegawai milenial di Kantor Bengkulu Area Kota
menganggap bahwa pemimpin cukup baik dalam menjalankan perannya sebagai mentor,
guru, manajer sekaligus teman bagi pegawai milenial. Selain itu pegawai milenial cukup
termotivasi dengan suasana kerja dan lingkungan yang cukup kondusif didalam organisasi.
Kendati demikian, organisasi perlu meningkatkan loyalitas pegawai milenial dengan
mendorong tumbuhnya rasa memiliki dan menjadikan organisasi sebagai bagian dari
vii
pegawai. Rasa kepemilikan mendorong seorang karyawan untuk mengembangkan
hubungan emosional dan keyakinan dalam organisasi.
Saran praktis untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas cakupan
penelitiandi luar tiga variabel. Kepemimpinan harus fokus pada kesadaran emosional
karyawan dan kemauan untuk peduli dan membantu karyawan dengan empati. Motivasi
berfokus pada memaksimalkan peningkatan keterampilan dan kemampuan karyawan
sekaligus mempromosikan mereka berdasarkan prestasi kerja. Organisasi harus
menghindari timbulnya perasaan perasaan diskriminasi di tempat kerja.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja, Pegawai Milenial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:32 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24803 |