Pratama, Bayu Abdi and Kamaludin, Kamaludin (2023) PENGARUH PERCEIVED PRICE, QUALITY OF PRODUCT, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA APLIKASI TIKTOK DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI TTD BAYU ABDI PRATAMA - Bayu Abdi Pratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Kemajuan teknologi membawa pengaruh perkembangan sangat pesat
terutama di bidang Internet. Internet telah mempermudah aktivitas keseharian
manusia misalnya menjual/membeli produk melalui platform online. TikTok
merupakan salah satu platform online yang saat ini digemari banyak orang
sehingga kepopularitasannya dalam dunia e-commerce terus mengalami
peningkatan, hal tersebut dipicu karena TikTok seringkali melakukan diskon
maupun voucer gratis ongkir.
Penelitian ini menggunakan lima variabel yaitu purchase decision,
customer trust, perceived price, quality of product, dan brand image. Menurut
Swastha (2008) keputusan pembelian yaitu sebuah pendekatan penyelesaian
masalah pada kegiatan manusia untuk membeli barang atau jasa dalam memenuhi
keinginan dan kebutuhannya yang terdiri dari pengenalan kebutuhan dan
keinginan, pencarian informasi, evaluasi terhadap alternatif pembelian, keputusan
pembelian dan tingkah laku setelah pembelian. Kepercayaan konsumen
merupakan harapan konsumen terhadap suatu pelayanan yang sesuai dengan apa
yang telah penjual janjikan (Sidershmukh, 2002). Sanchez et al., (2006)
mendefinisikan perceived price sebagai penilaian pelanggan terhadap rata-rata
harga jasa dibandingkan dengan pesaing. Kualitas produk adalah kemampuan
produk untuk menjalankan fungsinya, kemampuan itu meliputi daya tahan,
keandalan, akurasi yang dihasilkan, kemudahan pengoperasian dan perbaikan
serta atribut berharga lainnya dari produk secara keseluruhan (Kotler &
Amstrong, 2008). Halimah, (2015) mendefinisikan citra merek sebagai persepsi
dan keyakinan yang dilakukan oleh konsumen, seperti yang melekat dalam
ingatan konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. Teknik sampling
menggunaan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total
sampel dalam penelitian ini adalah 160 responden pengguna TikTok yang berada
di Kota Bengkulu. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan PLS-SEM
dengan bantuan program SmartPls versi 3.2.9. Uji yang dilakukan dalam
x
penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis, dan uji efek
mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perceived price berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer trust dengan nilai p-value sebesar 0,000
(<0,05). 2) Perceived price berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase
decision dengan nilai p-value sebesar 0,010 (<0,05). 3) Quality of Product
berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust dengan nilai p-value
sebesar 0,006 (<0,05). 4) Quality of Product berpengaruh positif dan signifikan
terhadap purchase decision dengan nilai p-value sebesar 0,017 (<0,05). 5) Brand
image berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust dengan nilaip�value sebesar 0,000 (<0,05). 6) Brand image berpengaruh positif dan signifikan
terhadap purchase decision dengan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). 7)
Customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision
dengan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). 8) Perceived price berpengaruh positif
signifikan terhadap purchase decision melaluicustomer trust dengan nilai p-value
sebesar 0,002 (<0,05). 9) Quality of product berpengaruh positif signifikan
terhadap purchase decision melalui customer trust dengan nilai p-value sebesar
0,037 (<0,05). 10) Brand image berpengaruh positif signifikan terhadap purchase
decision melalui customer trust dengan nilai p-value sebesar 0,001 (<0,05).
Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan untuk penelitian
selanjutnya dapat memperluas populasi penelitian yang tidak hanya berfokus pada
kota Bengkulu saja tetapi bisa mencangkup seluruh Indonesia, sehingga
responden yang didapat akan lebih maksimal agar dapat mengembangkan hasil
penelitian yang komprehensif.
Kata Kunci: Perceived Price, Quality of Product, Brand Image, Purchase
Decision, dan Customer Trust
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:05 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24814 |