NOFRIADI, MUHAMMAD and Alex, Surapati and Hendy, Santosa (2024) PERANCANGAN ALAT MONITORING SUHU DAN TEKANAN REM HIDROLIK PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Muhammad Nofriadi G1D019069 - Muhammad Nofriadi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Kendaraan sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling popular
yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data dari
Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan, angka kecelakaan
lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus pada tahun 2021. Dari beberapa
faktor penyebab kecelakaan karena gagalnya salah satu fungsi perangkat
kendaraan, yaitu gagalnya sistem pengereman kendaraan, suhu kerja yang berlebih
(overheating) dapat menyebabkan rem blong, karena kerja dari rem sendiri
menjadi kurang maksimal. Rem cakram dioperasikan secara mekanis dengan
memakai selang secara hidrolik dengan memakai tekanan cairan. Ketika handle
rem ditarik, piston di dalam silinder master akan terdorong dan menekan minyak
rem keluar silinder. Melalui selang rem tekanan ini diteruskan oleh minyak rem
untuk mendorong piston yang berada di dalam silinder kaliper. Pada sistem rem
hidrolik bila ada kebocoran selang rem, maka minyak rem akan keluar pada saat
tuas rem ditekan dengan tangan atau pedal rem diinjak dan rem tidak akan
berfungsi karena tekanan minyak rem berkurang. Penelitian dilakukan dengan
membuat perancangan alat menggunakan sensor MLX90614 yang akan
mendeteksi suhu piringan cakram rem dan sensor tekanan SKU114991178.
Perancangan sistem yang dibuat untuk mendeteksi suhu dan tekanan pada rem
hidrolik sepeda motor, pada saat suhu dalam keadaan sedang dan tinggi maka alat
akan memberikan peringatan kepada pengendara sepeda motor berupa output
suara melalui speaker serta led dan ketika pengujian sensor tekanan didapatkan
hasil yaitu semakin kuat tekanan pada rem maka semakin bagus tingkat
pengeremannya. Ketika didapatkan sistem kobocoran maupun kelemahan tekanan
maka peringatan yang diberikan yaitu output suara melalui speaker.
Kata Kunci: Pengereman, Suhu, Tekanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 04:32 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 04:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24828 |