FRAMING BERITA DI RUBRIK PENDIDIKAN PADA MEDIA ONLINE BENGKULU EKSPRESS EDISI APRIL-MEI 2022

Prayogi, Deri and Alfarabi, Alfarabi and Wahyu, Widiastuti (2023) FRAMING BERITA DI RUBRIK PENDIDIKAN PADA MEDIA ONLINE BENGKULU EKSPRESS EDISI APRIL-MEI 2022. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
DERI SKRIPSI-1 - Deri Prayogi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Berita adalah laporan atau pemberitahuan terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi yang disampaikan oleh wartawan di media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan framing berita di rubrik pendidikan pada media online bengkulu Ekspress (Edisi April-Mei 2022). Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah media online
www.bengkuluekspress.disway.id yang memuat pemberitaan tentang isu pendidikan. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah berita yang ada di dalam rubrik pendidikan pada media online www.bengkuluekspress.disway.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk observasi, dokumentasi, dan analisis framming model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan kesamaan pola pada setiap teks dalam rubrik berita mengenai pertumbuhan budaya pendidikan yang dipengaruhi oleh kebijakan suatu institusi pendidikan. Secara keseluruhan, media online Bengkulu Ekspress menempatkan informasi lebih mengenai permasalahan setiap instansi Pendidikan yang menarik untuk di baca dengan bagian-bagian isi berita berupa
sintaksis, skrip, tematik, dan retoris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:43
Last Modified: 16 Sep 2025 07:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24871

Actions (login required)

View Item
View Item