Abdillah, Wahyu and Ilsya, Hayadi (2023) PENGARUH VIDEO BASED LEARNING, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN MANFAAT, TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA YANG DIMEDIASI OLEH KESENANGAN PADA KONSUMEN KURSUS ONLINE RUBRIK GRAFIS. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
WAHYU ABDILLAH_C1B019068 - WAHYU ABDILLAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini mengalami peningkatan setiap
harinya, diikuti dengan pertumbuhan pengguna internet. Hal tersebut dibuktikan
dengan masyarakat memanfaatkan internet sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari
yang salah satunya adalah penggunaan platform kursus online. Peningkatan
pertumbuhan platform kursus online terjadi pada masa Covid-19. Rubrik Grafis
merupakan kursus online yang bergerak di bidang desain grafis yang menawarkan
berbagai pelatihan dan pembelajaran terkait dengan dunia desain grafis. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video based learning, kemudahan
penggunaan, dan manfaat terhadap kepuasan pengguna yang dimediasi oleh
kesenangan pada konsumen kursus online Rubrik Grafis.
Penelitian ini merupakan modifikasi dari teori Technology Satisfaction
Model (TSM) yang diperkenalkan oleh Islam, (2014) dengan menambahkan
variabel video based learning. Terdapat lima variabel diantaranya adalah video
based learning, kemudahan penggunaan, manfaat, kesenangan dan kepuasan
pengguna. Video based learning merupakan metode pembelajaran yang efektif
yang dapat meningkatkan dan menggantikan sebagian pendekatan tradisional serta
dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan kepuasan peserta (Yousef et
al., 2014). Kemudahan penggunaan yang dirasakan mengacu pada sejauh mana
seseorang percaya bahwa dalam menggunakan suatu sistem tertentu akan bebas dari
usaha (Davis, 1989). Manfaat yang dirasakan didefinisikan sebagai sejauh mana
seseorang percaya bahwa menggunakan sistem tertentu akan meningkatkan kinerja
pekerjaannya (Davis, 1989). Kesenangan yang dirasakan (perceived enjoyment)
merupakan persepsi atau perasaan senang pengguna ketika menggunakan sistem
tertentu (Davis et al., 1992). Kepuasan didefinisikan sebagai perasaan senang atau
kecewa (kurang/tidak menyukai) seseorang sebagai akibat dari perbandingan antara
persepsi dan pengalaman pelayanan yang dirasakan dan apa yang diharapkan
(Kotler & Keller, 2015).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online. Teknik sampling
yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random
sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 163 responden pengguna kursus
x
online Rubrik Grafis. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan PLS�SEM dengan bantuan program SmartPLS versi 3.2.9. Uji yang dilakukan dalan
penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis, dan uji efek mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Video based learning memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kesenangan. 2) Kemudahan penggunaan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesenangan. 3) Manfaat
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesenangan. 4) Video based
learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. 5)
Kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pengguna. 6) Manfaat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pengguna. 7) Kesenangan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pengguna. 8). Video based learning berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan pengguna melalui kesenangan. 9) Kemudahan
penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna melalui
kesenangan. 10) Manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan
pengguna melalui kesenangan.
Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan lebih banyak
variabel yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna dan melakukan modifikasi
serta mengembangkan model-model yang relevan dengan keadaan dimasa yang
akan datang guna mendapatkan hasil yang juga relevan dengan keaadan baru
dimasa yang akan datang.
Kata Kunci: video based learning, perceiced ease of use, perceived usefulness,
perceived enjoyment and user satisfacion
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:49 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24894 |