Yudo, Allbert Lorenza and Reswita, Reswita and Indra, Cahyadinata (2025) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAGING TENGGIRI GILING DI UMKM FROZEN FISH ANNISA 88. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Allbert Lorenza Yudo_E1D020052_Skripsi - Allbert.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Indonesia, sebagai negara maritim terbesar, memiliki potensi besar dalam sektor
perikanan, yang turut memengaruhi ekonomi lokal dan industri UMKM. Frozen Fish Annisa
88, sebuah UMKM pengolahan daging tenggiri, perlu mengoptimalkan faktor-faktor seperti
harga, kualitas produk, dan layanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan
konsumen di UMKM ini, serta untuk mengetahui indeks kepuasan pelanggan yang
dihasilkan.
Penelitian ini menggunakan survei online dengan Google Forms yang disebarkan
kepada 96 responden di Frozen Fish Annisa 88 yang telah membeli produk setidaknya dua
kali dalam tiga bulan terakhir. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan, dan regresi linier
berganda untuk menguji pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas layanan terhadap
kepuasan konsumen.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap produk
daging tenggiri giling Frozen Fish Annisa 88 adalah 83,87%, yang mengindikasikan tingkat
kepuasan yang sangat puas. Dalam analisis regresi linier berganda, nilai R² sebesar 0,617
menunjukkan bahwa 61,7% variasi dalam kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel
harga, kualitas produk, dan kualitas layanan. Hasil uji t menunjukkan bahwa harga (X₁)
berpengaruh signifikan dengan t hitung = 6,259, kualitas produk (X₂) berpengaruh signifikan
dengan t hitung = 5,982, serta kualitas layanan (X₃) berpengaruh signifikan dengan t hitung
= 3,968. Semua variabel independen, yaitu harga, kualitas produk, dan kualitas layanan,
terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan harga
sebagai variabel yang paling dominan berpengaruh.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Pengaruh Variabel, Tenggiri Giling
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
| Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:19 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 04:19 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24955 |

