Udin, Muhammad Wahfi and Andang, Wijanarko and Endina, Putri Purwandari (2025) PENERAPAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA NON-PLAYABLE CHARACTER (NPC) GAME 2D PLATFORM ADVENTURE “PUSAKA PAHLAWAN” BERBASIS ANDROIDR. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Laporan_Sidang Skripsi_G1A020007_Muhammad Wahfi Udin - A_Muhammad Wahfi Udin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan game 2D platform berjudul “Pusaka
Pahlawan”, yang dirancang sebagai media kreatif untuk melestarikan budaya Indonesia,
terutama dalam memperkenalkan senjata tradisional kepada generasi muda. Game ini
bertujuan membangkitkan ketertarikan pada warisan budaya yang sering kali kurang
dikenal dan berpotensi terlupakan di tengah arus budaya asing. Salah satu komponen
utama dalam game ini adalah penggunaan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk
mengacak kemunculan Non-Playable Character (NPC), yang diharapkan dapat
memberikan variasi interaksi dan meningkatkan pengalaman bermain. Algoritma Fisher�Yates Shuffle efisien dalam menghasilkan urutan acak tanpa pola tertentu, yang dalam
konteks game ini diterapkan untuk mengatur kemunculan NPC secara acak setiap
permainan dimulai. Dengan demikian, pemain dihadapkan pada situasi dan tantangan
yang berbeda dalam setiap permainan, yang berpotensi meningkatkan daya tarik dan
minat bermain. Setelah itu, evaluasi terhadap penerapan algoritma ini dilakukan dengan
menggunakan metode System Usability Scale (SUS), yang mengukur tingkat kepuasan
dan kemudahan pemain setelah bermain game. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat
menunjukkan bahwa penerapan Fisher-Yates Shuffle pada NPC dalam game Pusaka
Pahlawan dapat menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan mendukung tujuan
game untuk melestarikan budaya dan pengetahuan tentang senjata tradisional Indonesia.
Kata kunci: 2D platform, Budaya, Fisher-Yates Shuffle, Non-Playable Character
(NPC), Senjata tradisional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:45 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24983 |