Anggraini, Leviona and Muhammad, Yasser Iqbal Daulay (2024) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP NIAT BELI PADA THRIFTING ONLINE DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI LEVIONA - Sellvya Carollin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan era digitalisasi menyebabkan pertumbuhan pada teknologi
dan informasi dan berpengaruh pada persaingan bisnis. Pelaku bisnis banyak
memanfaatkan pertumbuhan jumlah masyarakat menggunakan internet untuk
memulai bisnis mereka, salah satunya toko online. Perkembangan ini
mempengaruhi di bidang mode/ fashion dan mendorong munculnya fenomena
thrifting. Thrifting adalah sebuah kegiatan membeli barang yang sudah pernah
digunakan atau second hand namun memiliki kondisi layak pakai dengan harga
lebih murah. Fenomena Thrifting menjadi ledakan dimana-mana hingga
berkembang dan menjamur, maka muncullah banyak online thrifting shop yang
membuat persaingan semakin ketat.
Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu persepsi harga, kualitas
produk, promosi, dan niat beli. Persepsi harga adalah bagaimana konsumen
mempertimbangkan harga tertentu. Kualitas produk dapat diartikan sebagai
kemampuan produk untukmemenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, pelaku
usaha harus membuatstrategi dalam mempertahankan kualitas produk yang mereka
tawarkan. Promosi merupakan suatu kegiatan komunikasi di dalam suatu
perusahaan penjualan produk atau jasa yang ditujukan kepada konsumen, dengan
tujuan agar produk atau jasa di perusahaan dikenal oleh konsumen serta dapat
mempengaruhi konsumen agar berniat untuk membeli atau menggunakannya.
Perusahaan atau pelaku usaha harus menarik perhatian konsumen dan niat beli. Niat
beli berasal dari proses konsumen membentuk sebuah persepsi hingga menjadi
keinginan yang kuat, sehingga konsumen termotivasi untuk mewujudkannya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner online melalui google form.
Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive
sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 300 responden konsumen yang
pernah menggunakan online thrifting shop di IndonesiaPengolahan data penelitian
ini dengan Bantian program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi
26.0. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas,
analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan koefisien
determinasi.
xi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Persepsi harga berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Niat Beli, Kualitas produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Niat Beli, Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Niat Beli. Persepsi harga, kualitas produk, dan promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Niat Beli. Hal ini berdampak pada masa mendatang bagi online
thrifting shop agar lebih memperhatikan harga, kualitas produk, promosi karena
apabila harga, kualitas produk, promosi konsumen meningkat ataupun menurun
maka akan berpengaruh terhadap niat beli konsumen dalam menggunakan produk
dari online thrifting shop.
Keywords: Persepsi Harga, Kualitas Produk, Promosi, Niat Beli
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:40 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25048 |