Hendrawan, Teguh and Nasution, Nasution (2024) PENGARUH RETENSI KARYAWAN, LOYALITAS DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN PT. SANDABI INDAH LESTARI. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI Teguh Hendrawan - Teguh Hendrawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Industri perkebunan kelapa sawit merupakan penyumbang utama
pertumbuhan ekonomi daerah. Produsen kelapa sawit menjadi pemain utama di
Bengkulu yang memproduksi minyak sawit mentah (CPO) karena memiliki skala
industri terbesar dibengkulu. Dalam menjalankan industri ini membutuhkan
Sumber Daya Manusia untuk menjalankan segala kegiatan didalamnya. Sumber
daya manusia (SDM) merupakan faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat
dipisahkan baik dari organisasi maupun perusahaan. Sumber daya seperti aset,
mesin, dan metode tidak akan dapat mencapai hasil yang optimal kecuali
didukung oleh kinerja yang tinggi dari para karyawannya.
Kinerja adalah suatu tingkat pencapaian pekerjaan oleh karyawan dan
merupakan keseluruhan hasil yang telah dicapai karyawan dalam penyelesaian
pekerjaan, baik dari proses pelaksanaan tugas maupun dari tanggung jawab
hingga dengan pencapaian hasil yang diperoleh karyawan (Dessler, 2017).
Penelitian ini dilakukan untuk: (1) Menguji pengaruh Retensi Karyawan terhadap
Kinerja Karyawan pada PT. Sandabi Indah Lestari. (2) Menguji pengaruh
Loyalitas terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sandabi Indah Lestari. (3)
Menguji pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sandabi
Indah Lestari.
Kinerja dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa diantaranya yaitu retensi
karyawan, loyalitas dan Kepuasan kerja. Retensi karyawan merupakan suatu
upaya perusahaan untuk dapat mempertahankan karyawannya supaya tetap berada
di dalam organisasi yang bertujuan untuk dapat membantu mencapai target
organisasi itu secara maksimal (Mathis & Jackson, 2011), Loyalitas karyawan
adalah berbagai bentuk peran serta anggota dalam menggunakan tenaga dan
pikiran serta waktunya dalam mewujudkan tujuan organisasi (Hasibuan, 2014:
210). Kinerja adalah suatu tingkat pencapaian pekerjaan oleh karyawan dan
merupakan keseluruhan hasil yang telah dicapai karyawan dalam penyelesaian
pekerjaan, baik dari proses pelaksanaan tugas maupun dari tanggung jawab
hingga dengan pencapaian hasil yang diperoleh karyawan (Dessler, 2017).
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersumber pada
data primer dengan pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran
kuesioner secara offline, dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu 102
Karyawan pada di PT. Sandabi Indah Lestari dengan teknik pengambilan sampel
dengan metode sampel sensus yaitu semua Karyawan di PT. Sandabi Indah
Lestari di jadikan sampel penelitian. Data dianalisis melalui metode analisis
regresi linear berganda dengan bantuan alat IBM SPSS 24.0 for windows.
Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: (1) Retensi Kryawan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan di PT.
Sandabi Indah Lestari. (2) Loyalitas memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja Karyawan di PT. Sandabi Indah Lestari. (3) Kepuasan kerja
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan di PT.
Sandabi Indah Lestari.
Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi instansi perusahaan untuk
meningkatkan kinerja karyawan dengan meningkatkan retensi karyawan, loyalitas
dan Kepuasan kerja yang lebih optimal. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat
menghasilkan informasi yang bermanfaat sebagai evaluasi bagi instansi
organisasi.
Kata Kunci : Retensi Karyawan Dan Loyalitas, , Kepuasan Kerja, kinerja
karyawan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:55 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:55 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25051 |