Sospalita, Sospalita and Kamaludin, Kamaludin and Berto, Usman (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA PADA SATUAN KERJA PENYEDIAAN PERUMAHAN PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
TESIS VELLY SOSPALITA (C2B022023) - Velly Sospalita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk 
mengetahui bagaimana implementasi penyusunan dan pelaksanaan anggaran 
berbasis kinerja di lingkungan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi 
Bengkulu. Data yang dikumpulkan dari tanggapan responden dapat 
digunakan sebagai informasi penelitian. Sumber data diperoleh dari 
Kementerian PUPR Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Bengkulu. Dua 
jenis data dikumpulkan dalam penelitian ini: data primer dan data sekunder. 
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. 
data kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari instansi dalam bentuk informasi 
baik secara lisan maupun secara tertulis, seperti gambaran singkat dan 
struktur organisasi. 
Implementasi anggaran berbasis kinerja di Satuan Kerja Penyediaan 
Perumahan Provinsi Bengkulu menunjukkan adanya sejumlah kendala yang 
menghambat pencapaian hasil yang diharapkan. Dalam konteks ini, proses 
penyusunan anggaran berbasis kinerja harus mengacu pada prinsip-prinsip 
utama, seperti penekanan pada hubungan antara pendanaan dengan hasil kerja 
dan dampaknya. Ini meliputi penekanan pada pencapaian hasil kerja dan 
dampak alokasi belanja yang telah ditetapkan, penyusunan berdasarkan 
tujuan satu tahun anggaran, serta kesesuaian program dan kegiatan dengan 
rencana strategis Kementerian/lembaga atau Satuan Kerja Penyediaan 
Perumahan Provinsi Bengkulu. 
Pelaporan dan evaluasi melibatkan penyusunan laporan keuangan 
berkala sesuai ketentuan yang berlaku. Laporan ini mencerminkan 
transparansi dan kredibilitas pengelolaan keuangan organisasi serta 
memungkinkan evaluasi yang tepat. Laporan realisasi anggaran yang 
disampaikan tepat waktu menunjukkan keteraturan, keakuratan, dan 
komitmen dalam pengelolaan anggaran. Selain itu, perlu memperhatikan 
penggunaan Analisa Standar Belanja (ASB) dalam penyusunan anggaran 
berbasis kinerja. 
Pentingnya pemerintah untuk mempertimbangkan ulang penerapan 
anggaran berbasis kinerja guna mengatasi kendala yang menghambat 
pencapaian hasil yang diharapkan. Beberapa prinsip utama yang harus 
ix 
diperhatikan dalam proses penyusunan anggaran berbasis kinerja termasuk 
penekanan pada hubungan antara pendanaan, hasil kerja, dan dampaknya. 
Selain itu, penting untuk menyusun program dan kegiatan sesuai dengan 
rencana strategis yang telah ditetapkan. Direktorat Jenderal Anggaran juga 
menyoroti pentingnya penyusunan perencanaan strategis sebagai tahap awal, 
melibatkan semua komponen pemerintahan dan masyarakat, serta 
memastikan adanya standar harga, tolok ukur kinerja, dan Standar Pelayanan 
Minimal yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 
Pentingnya pemerintah untuk mempertimbangkan ulang penerapan 
anggaran berbasis kinerja guna mengatasi kendala yang menghambat 
pencapaian hasil yang diharapkan. Beberapa prinsip utama yang harus 
diperhatikan dalam proses penyusunan anggaran berbasis kinerja termasuk 
penekanan pada hubungan antara pendanaan, hasil kerja, dan dampaknya. 
Selain itu, penting untuk menyusun program dan kegiatan sesuai dengan 
rencana strategis yang telah ditetapkan. Direktorat Jenderal Anggaran juga 
menyoroti pentingnya penyusunan perencanaan strategis sebagai tahap awal, 
melibatkan semua komponen pemerintahan dan masyarakat, serta 
memastikan adanya standar harga, tolok ukur kinerja, dan Standar Pelayanan 
Minimal yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 
Berdasarkan analisis yang dilakukan, implementasi penyusunan dan 
pelaksanaan anggaran berbasis kinerja di lingkungan Satuan Kerja 
Penyediaan Perumahan Provinsi Bengkulu masih belum sepenuhnya sesuai 
dengan konsep anggaran berbasis kinerja. Meskipun laporan realisasi 
anggaran disampaikan tepat waktu, terdapat kesenjangan antara rencana dan 
realisasi anggaran, dengan jumlah anggaran yang tidak terealisasi cukup 
signifikan, yaitu sebesar Rp326.434.690,- pada tahun 2022 dan 
Rp1.769.215.622,- pada tahun 2023. 
Selain itu, tantangan dalam penerapan konsep anggaran berbasis 
kinerja juga terlihat dari belum diterapkannya Analisa Standar Belanja 
(ASB), yang merupakan elemen penting dalam perencanaan anggaran 
berbasis kinerja. Kurangnya pemahaman mendalam tentang sistem aplikasi 
anggaran serta belum terjalinnya kolaborasi yang efektif dalam penyusunan 
anggaran juga menjadi faktor penghambat. Dengan demikian, untuk 
mencapai kesesuaian dengan konsep anggaran berbasis kinerja, diperlukan 
upaya perbaikan seperti bimbingan teknis dan peningkatan pemahaman 
mengenai ASB agar pengelolaan anggaran dapat berjalan lebih efektif dan 
efisien
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Management Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:23 | 
| Last Modified: | 18 Sep 2025 04:23 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25142 | 

