ANALISA GELOMBANG KEJUT TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DENGAN METODE GREENBERG DAN UNDERWOOD (Studi Kasus Jalan Mayjen Sutoyo Kota Bengkulu)

AULYA, FATHASYA and Samsul, Bahri and Yuzuar, Afrizal (2025) ANALISA GELOMBANG KEJUT TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DENGAN METODE GREENBERG DAN UNDERWOOD (Studi Kasus Jalan Mayjen Sutoyo Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI G1B020038 FATHASYA AULYA - Fathasya Aulya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Transportasi memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, namun
seringkali dihadapkan pada berbagai permasalahan lalu lintas terutama
di persimpangan bersinyal. Penelitian ini dilakukan di Simpang Bersinyal
lengan Jalan Mayjen Sutoyo Kota Bengkulu yang bertujuan untuk mengetahui
nilai volume, kecepatan, dan kepadatan serta menganalisis gelombang kejut
pada karakteristik lalu lintas yang menghasilkan panjang antrian maksimum dan
waktu penormalan. Penelitian dilakukan pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu
dengan parameter yang akan diukur meliputi volume, kecepatan, dan durasi
lampu lalu lintas. Persamaan hubungan matematis yang digunakan untuk
analisis data adalah metode Greenberg dan Underwood. Metode terpilih yaitu
metode Greenberg dengan nilai R2
untuk lajur 1 pada hari kerja dan hari libur
yaitu 861 dan 894. Persamaan hubungan matematis yang akan digunakan untuk
analisis gelombang kejut pada hari kerja yaitu V = 70,558D–14,883D(ln D)
menghasilkan nilai volume maksimum (VM) = 627,058 SMP/jam dan kepadatan
maksimum (DM) = 42,132 SMP/km. Durasi lampu merah pada hari kerja
sebesar 138 detik sehingga mengakibatkan panjang antrian maksimum sebesar
421 meter dan waktu penormalan adalah 81,075 detik. Persamaan hubungan
matematis yang akan digunakan untuk analisis gelombang kejut pada hari libur
yaitu V = 67,473D–13,625D(ln D) menghasilkan nilai volume maksimum
(VM) sebesar 826,633 SMP/jam dan kepadatan maksimum (DM) sebesar
54,849 SMP/km. Durasi lampu merah pada hari libur sebesar 127 detik
sehingga mengakibatkan panjang antrian maksimum yang terjadi sebesar
346 meter dan waktu penormalan adalah 51,603 detik.
Kata kunci: gelombang kejut, karakteristik lalu lintas, greenberg, underwood.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:32
Last Modified: 18 Sep 2025 03:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25261

Actions (login required)

View Item
View Item