Susilawati, Legi and Vika, Fitranita (2024) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-SAKIP (SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI LEGI SUSILAWATI C1C019182 - Legy Susilawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Pada perkembangan era digitalisasi penggunaan teknologi semakin
meningkat pesat salah satunya pada sektor publik. Teknologi informasi diterapkan
untuk membantu tata kelola pemerintahan sesuai dengan akuntabilitas dalam
penyelenggaraan pemerintahan. Perkembangan tersebut mendorong instansi
mengikuti perkembangan teknologi informasi yang telah ada. Salah satunya
teknologi informasi yang telah digunakan adalah aplikasi E-SAKIP.
Aplikasi E-SAKIP adalah sistem informasi kinerja pemerintahan yang
dibuat dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berbasis web.
Sistem informasi ini membantu operator aplikasi E-SAKIP dalam menghasilkan
data dan menginformasikan kinerja pemerintahan kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas
informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan operator aplikasi E-SAKIP pada
SKPD dan SKPKD. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Data
yang digunakan adalah data primer yang dibagikan kepada 36 kuesioner operator
aplikasi E-SAKIP bagian pelaporan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis linear berganda. Data di
analisis menggunakan regresi analisis berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa 1) kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan
pengguna, 2) kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, 3)
kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman dan saran yang dapat menjadi
pertimbangan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi serta Biro Organisasi Provinsi Bengkulu dalam pengambilan keputusan
perbaikan sistem. Keterbatasan dalam penelitian menggunakan kuesioner, sehingga
ada kemungkinan responden tidak fokus atau tidak serius ketika menjawab
pernyataan dalam kuesioner penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan
Pengguna
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25296 |