ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN LATEKS ALAM DALAM CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (AC-BC) PENETRASI 60/70 TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL

ESHA, MUHAMMAD NURSAFIKRA and Samsul, Bahri and Mukhlis, Islam (2025) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN LATEKS ALAM DALAM CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (AC-BC) PENETRASI 60/70 TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_G1B020109_M.NURSAFIKRAN ESHA - Muhammad Nursafikran Esha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu penghasil dan pengekspor lateks alam (getah
karet) terbesar di dunia, tetapi pemanfaatan dan pengelolaan lateks alam kurang
optimal. Ada beberapa cara mengelola karet alam itu sendiri yaitu salah satunya
dengan menggunakan lateks alam di sektor infrastruktur, khususnya sebagai
bahan campuran aspal untuk pembuatan jalan guna menambah stabilitas dan daya
tahan perkerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar nilai
karakteristik marshall dengan menambahkan lateks alam pada campuran aspal
AC-BC. Persentase lateks alam yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6%,
9%, dan 12%. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental berdasarkan
Standar Nasional Indonesia untuk memperoleh hasil terbaik, dengan total sampel
penelitian 72 sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengaruh
penambahan lateks alam sebagai bahan tambah aspal yang mencapai hasil terbaik
dan memenuhi Spesifikasi Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Tahun 2018
adalah variasi 3 dengan penambahan lateks alam 12% pada kadar aspal optimum
6,17 % yang meliputi nilai density sebesar 2,40 t/m³ yang mengalami kenaikan
1,18% dari nilai variasi normal yaitu 2,37 t/m³. Nilai void in mixture (VIM)
3,98% mengalami kenaikan 21,29% dari variasi normal yaitu 3,28%. Nilai
stability (stabilitas) 1.621,33 kg mengalami kenaikan 58% dari nilai stabilitas
variasi normal yaitu 1026,03 kg. Nilai flow (kelelehan) 3,14 mm mengalami
kenaikan 16,71% dari variasi normal yaitu 3,77 mm. Nilai marshall quotient
(MQ) 517,22 kg/mm mengalami kenaikan sebesar 89,89% dari nilai MQ variasi
normal yaitu 272,38 kg/mm. Sedangkan untuk nilai void filled with asphalt
(VFA) pada penambahan lateks alam 12% yaitu 73,70%, nilai tersebut
mengalami penurunan sebesar 6,9% dari nilai VFA variasi normal sebesar
79,17%. Dari nilai tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan lateks alam
sebagai bahan tambah pada campuran aspal AC-BC memberikan kinerja yang
lebih baik dibandingkan campuran aspal tanpa penambahan lateks alam,
walaupun ada beberapa nilai yang mengalami sedikit penurunan.
Kata kunci: perkerasan jalan; aspal; lateks alam (getah karet), karakteristik
marshall

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:37
Last Modified: 18 Sep 2025 04:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25318

Actions (login required)

View Item
View Item