AN ERROR ANALYSIS OF SUBJECT-VERB AGREEMENT (SVA) IN STUDENTS’ ESSAYS (A Study in the Third Semester English Education Study Program University of Bengkulu Academic Year 2023/2024)

Dwita Saragih, Elti and Eka, Novita and Ildi, Kurniawan (2025) AN ERROR ANALYSIS OF SUBJECT-VERB AGREEMENT (SVA) IN STUDENTS’ ESSAYS (A Study in the Third Semester English Education Study Program University of Bengkulu Academic Year 2023/2024). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
Elti Dwita Saragih A1B020070-1 - Elti Dwita Saragih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berbasis korpus ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan
kesesuaian subjek-kata kerja yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa
Inggris Universitas Bengkulu dalam penulisan esainya. Data penelitian diperoleh
dari tugas-tugas mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester tiga yang telah
mempelajari tata bahasa dan struktur dasar bahasa Inggris. Data diperoleh dari
dosen terkait, berupa esai mahasiswa yang terdiri dari tiga topik esai yang
berbeda, pada tiga waktu pengumpulan yang berbeda: ujian awal semester, tengah
semester, dan akhir semester. Sebanyak 27 esai untuk setiap topik dianalisis,
sehingga totalnya menjadi 81 esai. Analisis kesalahan dilakukan dengan
menggunakan pendekatan taksonomi permukaan Dulay, dkk. (1982). Analisis data
meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
divalidasi menggunakan teknik Kohen Kappa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kesalahan formasi merupakan jenis kesalahan yang paling banyak terjadi,
diikuti oleh penambahan, penghilangan, dankesalahan penataan. Berdasarkan
jenis esai, esai ketiga menunjukkan frekuensi kesalahan tertinggi (ujian semester),
diikuti oleh esai pertama, sedangkan esai kedua memiliki frekuensi kesalahan
terendah. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan bahasa Inggris
semester tiga masih belum sepenuhnya memahami kesesuaian subjek-kata kerja
dalam bahasa Inggris, masih cenderung mengadopsi kaidah bahasa ibu mereka
dan mengubah nya ke bahasa Inggris. Studi ini memberikan wawasan tentang
tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa pengguna bahasa asing dalam menguasai
kesesuaian subjek-kata kerja dalam tulisan mereka. Temuan ini memiliki
implikasi penting bagi dosen EFL dalam merancang strategi pengajaran bahasa
yang lebih efektif untuk membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan
menulis mereka dan menghindari kesalahan umum yang terkait dengan kesesuaian
subjek-kata kerja.
Kata kunci: Analisis kesalahan, Kesesuaian Subjek-kata kerja, Korpus
Pembelajar, Learner Corpus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Sep 2025 04:33
Last Modified: 19 Sep 2025 04:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200