Astuti, Maria Winda Puji and Arono, Arono and Ria, Ariesta (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
ilovepdf_merged (3) - mocca matcha.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap
Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu”.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran berbasis
proyek terhadap kemampuan menulis teks berita siswa. Dalam penelitian ini,
penulis menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan teknik
pengambilan data menggunakan observasi pembelajaran, angket respon siswa, dan
tes menulis teks berita. Proses pembelajaran menggunakan model PjBL
berlangsung selama 6 pertemuan. Berdasarkan observasi dan hasil angket respons
siswa, ditemukan bahwa model PjBL telah berjalan dengan baik, dan berdampak
positif kepada peserta didik, dengan skor total rata-rata diperoleh 72,85 kategori
“Baik”. Selain itu, berdasarkan hasil tes kemampuan menulis teks berita, diperoleh
skor total rata-rata peserta didik sebesar 78,7 dengan kategori “Baik”. Uji hipotesis
dalam penelitian ini dilakukan menggunakan regresi linear sederhana, dengan hasil
t-hitung sebesar 5,379 dan t-tabel 2,045 dengan nilai signifikansi α = 0,05, dan
derajat kebebasan (df) 29. Nilai t-hitung > t-tabel, sedangkan berdasarkan kriteria
pengujian hipotesis, H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran
berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks berita siswa, berdasarkan hasil
yang telah diperoleh.
Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Menulis, Teks Berita
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 04:33 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 04:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25344 |