Niska, Miratun and Rio, Kurniawan and Didi, Yulistio (2025) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA CANVA SISWA KELAS XI-6 SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Miratun Niska_A1A020109 - miratun niska.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup menulis teks deskripsi menggunakan media canva
siswa kelas XI-6 SMA N 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA N 7 Kota
Bengkulu dan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI-6 SMA N 7 Kota
Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah mengamati,
mencatat, mengelompokkan, mengulang mengamati, menganalisis,
menginterpretasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan media canva siswa
kelas XI-6 SMA N 7 Kota Bengkulu telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum
merdeka, yang tahapannya berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan
penutup. pada kegiatan pendaluan guru menyapa peserta didik, peserta didik dan
guru berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran serta guru mengabsen
peserta didik, peserta didikmerespon aktif informasi tentang pembelajaran yang
akan dipelajari dan guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti
guru menyajikan canva mengenai materi teks deskripsi, peserta didik menyimak
canva terkait materi teks deskripsi yang disajikan oleh guru, peserta didik mencatat
informasi-informasi penting terkait bahan simakan, guru membuka sesi tanya jawab
terkait materi teks deskripsi, siswa menanyakan kembali hal-hal apa saja yang
belum diketahui terkait teks deskripsi dan guru memberikan contoh-contoh singkat
mengenai teks deskripsi. Pada kegiatan penutup siswa dan guru menyimpulkan inti
pembelajaran, guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
dan guru tidak melakukan refleksi.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Teks Deskripsi, Canva
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 04:33 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 04:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25346 |