PENGARUH METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Yoseva Silalahi,, Angela Christanti and Ria, Ariesta and Nafri, Yanti (2025) PENGARUH METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
SKRIPSI ANGELA CHRISTANTI YOSEVA SILALAHI (A1A020070)-dikompresi 2 - Angel silalahi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterampilan berbicara yang
dianggap menakutkan bagi generasi muda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh metode role playing pada elemen keterampilan berbicara dalam
pembelajaran teks laporan hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen
menggunakan desain quasi experiment. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP
Negeri 1 Kota Bengkulu kelas VIII 1 yang menjadi kelas kontrol dan kelas VIII 9
yang menjadi kelas eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 31 siswa.
Proses pembelajaran role playing, yaitu memotivasi kelompok, memilih Pemeran,
menyiapkan tahap-tahap peran, pemeranan, diskusi dan evaluasi, dan membagi
pengalaman dan menarik generalisasi. Data yang dikumpulkan menggunakan nilai
pada pretest dan postest dengan menilai aspek kebahasaan dan aspek non
kebahasaan. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas
dengan uji t atau independent sample t test. Berdasarkan rata-rata pretest di kelas
kontrol sebesar 57,81 yang mengalami kenaikan pada nilai postest sebesar 66,90.
Di kelas eksperimen pada pretest nilai rata-rata sebesar 57,69. Pada saat diberi
perlakuan berupa metode role playing mengalami kenaikan sebesar 79,11. Dengan
adanya pengaruh pada hasil uji menggunakan IBM SPSS Statistics 25 yang
menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,005. Dapat
disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing yang diterapkan pada teks
laporan hasil observasi berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas
VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Laporan Hasil Observasi, Role Playing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:13
Last Modified: 25 Sep 2025 04:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25348

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200