KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KAUR

Akbar, Yandi. and Catur, Wulandari and M. Arifin, M. Arifin (2025) KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KAUR. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Archive (SKRIPSI)
Skripsi Yandi Akbar_A1A020111 - Yandi Akbar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman
siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kaur. Metode yang digunakan dalam adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kaur yang berjumlah 153 orang siswa dari
enam kelas yang terdiri atas 71 siswa laki-laki dan 82 orang siswa perempun.
Penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling mengambil orang-
orang terpilih betul oleh peneliti, peneliti mengambil 11% dari jumlah populasi
yaitu 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
teknik tes kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian didapat
kemampuan membaca pemahaman dalam Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata
sebesar 87,5 dengan kategori pemahaman tinggi, kemampuan membaca
pemahaman dalam Biologi dengan rata-rata 85,00 dengan kategori pemahaman
yang tinggi, kemampuan membaca pemahaman dalam Pendidikan Agama Islam
dengan nilai 85,00 dengan kategori baik, dan kemampuan membaca pemahaman
dalam Geografi dengan nilai 85,00 dengan kategori kemampuan baik. Berdasarkan
keseluruhan hasil, siswa secara umum menunjukkan kemampuan membaca
pemahaman yang baik dalam semua bidang studi yang diuji. Rata-rata nilai berkisar
antara 85-87,5.
Kata kunci: Kemampuan membaca pemahaman, siswa SMAN 2 Kaur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Sep 2025 04:33
Last Modified: 19 Sep 2025 04:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25352

Actions (login required)

View Item
View Item