PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA NAPAL JUNGUR OLEH POKDARWIS

Bakauni, Sigit and Lisa, Adhrianti and Alfarabi, Alfarabi (2025) PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA NAPAL JUNGUR OLEH POKDARWIS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
tesis fix (1) - Sigit Bakauni.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Napal Jungur. Kelompok Sadar Wisata(POKDARWIS) merupakan pengelola objek wisata Napal Jungur. Objek wisata ini merupakan objek wisata dengan tema alam berupa pemandian dan air terjun yang masih asri. Objek wisata ini menarik dikunjungi diantaranya karena air terjun yang indah, tersedia tempat berenang untuk anak-anak dan dewasa, dan tiket masuk yang murah. Perencanaan merupakan hal penting dalampemasaran suatu objek wisata agar apa yang direncanakan sesuai dengan harapan, akan tetapi dalam prakteknya POKDARWIS belum memaksimalkan perencanaan dan upaya dalam memasarkan objek wisata Napal Jungur, dibutuhkan orang kreatif dalam mengelolah objek wisata tersebut untuk mengoptimalkan potensi yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna memahami gejala yang tidak memerlukan kuantifikasi. Hasil penelitian adalah perencanaan fisik dan ekonomi, perencanaan alokatif dan inovatif, perencanaan tujuan jamak atau tungal, perencanaan indikatif atau imperatif, dan perencanaan top-down atau buttom-up. Perencanaan yang paling dominan dilakukan yaitu perencanaan tujuan jamak atau tunggal, dan perencanaan top-down dan buttom-up. Hal tersebut karena meliputi pemasaran online melalui media sosial Instagram dan Youtube. Perencanaan top-down atau buttom-up berkaitan dengan kompetensi diri, pelatihan, dan mengikuti webinar dan seminar. Selain itu, pemasaran juga dilakukan dngan gaya komunikasi masyakat Desa Napal Jungur melalui media sosial Facebook dan pemasaran dari mulut ke mulut, serta pentingya koordinasi dengan Desa sekitar.
Kata Kunci: Perencanaan, Pariwisata, Komunikasi Pemasaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:37
Last Modified: 22 Sep 2025 02:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25360

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200