PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, INFLUENCER MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION

Sari, Rike Novita and Muhartini, Salim (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, INFLUENCER MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_RIKE NOVITA SARI - Rike Novitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi sudah diterapkan pada segala aspek kehidupan,
tidak terkecuali pada dunia bisnis. beberapa tahun belakangan ini, internet dan
media sosial di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun
2020 sebanyak 175,4 juta orang pengguna internet dan 160 juta pengguna aktif
media sosial sedangkan tahun 2021 meningkat menjadi 202,6 juta pengguna
internet dan 170 juta pengguna aktif media sosial dimana Dalam survey
hootsuite dan we are sosial (2021), menyatakan bahwa saat ini indonesia
memiliki 170 juta pengguna aktif media sosial, dengan 99% di antaranya
mengakses media sosial di smartphone. Salah satunya industri kecantikan,
pertumbuhan penjualan kosmetik di Indonesia terus meningkat dari tahun ke
tahun dengan prediksi peningkatan sekitar 5,64 % pada tahun 2022 dan 2023.
Salah satu kecantikan lokal yang sedang naik daun adalah Scarlett Whitening.
Dimana merupakan brand lokal indonesia yang mulai dirintis oleh selebriti
muda Indonesia bernama Felicya Anggelista pada tahun 2017. Scarlett
berfokus pada produk perawatan kulit dan wajah meliputi body care,face care
dan hair care.
Celebrity endorsement adalah orang yang bekerja sebagai pendukung
iklan atau sebagai bintang iklan yang mendukung produk yang diiklankannya
(Shimp, 2010), Influencer marketing adalah teknik mengiklankan dan menjual
produk atau jasa melalui orang-orang (influencer) yang memiliki kekuatan
untuk mempengaruhi karakter pada sebuah merek (Wood, 2016). Electronic
word of mouth adalah wadah komunikasi untuk bertukar pikiran tentang suatu
produk atau jasa antara konsumen yang tidak saling mengenal dan bertemu
melalui internet (Cahyaningrum, 2020). Niat beli merupakan suatu bentuk dari
setiap perilaku yang dilakukan oleh konsumen ketika mereka memiliki
keinginan untuk membeli suatu produk yang berdasarkan pada pengalaman,
penggunaan, maupun keinginan (Kotler dan Keller, 2016).
Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh
celebrity endorsement terhadap purchase intention pada produk Scarlett
Whitening di Media Sosial. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh
Influencer Marketing terhadap purchase intention pada produk Scarlett
Whitening di Media Sosial. (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh
x
Electronic Word Of Mouth terhadap purchase intention pada produk Scarlett
Whitening di Media Sosial. (4) Mengetahui dan menganalisis pengaruh
celebrity endorsement, Influencer Marketing dan Electronic Word Of Mouth
terhadap purchase intention pada produk Scarlett Whitening di Media Sosial.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online melalui media sosial.
Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan
purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen yang berniat membeli produk Scarlett
Whitening di media sosial.jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 300
responden di Indonesia Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan
regresi linear berganda. Teknik pengolahan data mengunakan SPSS.
Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: 1). Celebrity
endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention
dengan nilai sig 0,001. Artinya, semakin populer dan menarik celebrity
endorsement maka akan membuat konsumen semakin tertarik untuk
melakukan purchase intention pada produk Scarlett Whitening. 2) influencer
marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap purchase intention
dengan nilai sig 0,195 sehingga influencer marketing tidak memiliki pengaruh
apapun terhadap purchase intention. 3) electronic word of mouth berpengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan nilai sig 0,001.
Artinya bahwa semakin banyak komentar atau review positif dari masyarakat
terhadap produk Scarlett Whitening di media sosial maka semakin banyak
orang percaya dan tertarik dalam niat beli produk Scarlett Whitening. 4)
celebrity endorsement, influencer marketing dan electronic word of mouth
secara bersama-sama (simultan) memiliki nilai positif dan signifikan terhadap
purchase intention. Artinya semakin tinggi tingkat celebrity endorsement,
influencer marketing dan electronic word of mouth maka semakin tinggi juga
terjadinya purchase intention pada produk Scarlett Whitening di media sosial.
Saran penelitian selenjutnya menambahkan jumlah item pertanyaan pada
kuesioner agar memperoleh jawaban yang lebih baik dan bisa menambahkan
jumlah responden atau sampel dalam penelitian agar hasil penelitian lebih
akurat.. Keterbatasan pada penelitian ini hanya berfokus pada tiga variabel
yaitu celebrity endorsement, influencer marketing, electronic word of mouth
dan juga keterbatasan pada pengumpulan data karena jawaban yang diberikan
oleh responden terkadang tidak menunjukkan keadaan yang sebenarnya.
Kata Kunci : Celebrity endorsement, influencer marketing, electronic word of
mouth, purchase intention

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:36
Last Modified: 19 Sep 2025 07:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor