PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC MELALUI TIKTOKSHOP

Kusmawati, Kusmawati and Sularsih, Anggarawati (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC MELALUI TIKTOKSHOP. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI KUSMAWATI2024_240430_142022 - Falah Rizki Arraafi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan internet diperkirakan dari tahun ke tahun akan mengalami
peningkatan yang tentunya akan menjadi peluang bagi para pebisnis untuk
melakukan penjualan secara online sebagai bagian dari e-commerce. Dalam
persaingan pasar yang semakin ketat, tantangan terbesar dalam perusahaan
jasa adalah kemampuan untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan
minat beli. Ditambah lagi dengan adanya pesaing baru yakni dari social
ecomerce yaitu tiktok. Tiktok adalah aplikasi media sosial yang menyediakan
dukungan pembuatan video yang dilengkap sehingga memudahkan pengguna
untuk menghasilkan video singkat (Pangestu,2022). Salah satu brand yang
menggunakan fitur ini yaitu skincare skintific yang tengah popular dikalangan
masyarakat yang melakukan pembelian melalui tiktokshop. Fenomena inilah
yang melatar belakangi peneliti, serta ditambah dengan banyaknya orang yang
ingin berbelanja melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating yang
dimediasi oleh kepercayaan konsumen terhadap Terhadap Keputusan Pembelian
produk skintific melalui tiktokshop.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui media
sosial serta teman dan keluarga. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
yang pernah atau sedang melakukan pembelian online produk skintific di
tiktokshop Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini diambil 287 responden sebagai
pengguna skincare skintific di tiktokshop Kota Bengkulu. Penentuan sampel
menggunakan tekhnik purposive sampling dengan kriteria konsumen yang pernah
atau sedang melakukan pembelian produk skintific di tiktokshop yang berada di
Bengkulu. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode Structural
Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan :1) Online Customer Review berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. 2) Online Customer rating
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. 3)
Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian. 4) Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Kepercayaan Konsumen. 5) Online Customer Rating berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen. 6) Online Customer Review
yang dimediasi oleh Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian. 7) Online Customer Rating yang dimediasi oleh
x
Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa online
customer review dan online customer rating dapat berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian produk skintific di tiktokshop, kemudian
kepercayaan konsumen dapat memediasi hubungan online customer review dan
online customer rating terhadap keputusan pembelian.
Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi pengembang tiktokshop
dan perusahaan skincare skintific dapat terus berinovasi serta mempertahankan
kualitas produk sebagai online customer review dan online customer rating terus
meningkat dan membuat konsumen lain yang melihatnya akan melakukan
keputusan pembelian skincare sintific di tiktokshop. Selanjutnya bagi akademisi
dapat menjadi sumber informasi bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti dengan
topik yang serupa dimasa mendatang .
Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Kepercayaan
Konsumen, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:53
Last Modified: 19 Sep 2025 08:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25404

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor