PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF-ESTEEM, DAN KETERIKATAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT POS INDONESIA (PERSERO) CABANG BENGKULU

Simbolon, Janemerry Engeline and Nasution, Nasution (2024) PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF-ESTEEM, DAN KETERIKATAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT POS INDONESIA (PERSERO) CABANG BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Janemerry Engeline Simbolon (C1B018140) - Janemerry Engeline Simbolon.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan komponen penting dalam suatu
organisasi perusahaan, sehingga merupakan aset perusahaan yang paling mahal
dibanding dengan aset lainnya. Mengingat pentingnya sumber daya manusia, oleh
karena itu penting dalam sebuah organisasi untuk dapat meningkatkan dan
membentuk kinerja karyawan yang ada di organisasi, dan organisasi harus dapat
mengetahui bagaimana faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan
tersebut. Locus of control bertujuan untuk melihat cara karyawan dalam
mengendalikan diri yang berasal dari dalam diri sendiri. Locus of control memiliki
pengaruh individu terhadap keyakinan mereka dalam memiliki kendali atas
kehidupan dan hasilnya. Selain itu, self-esteem seseorang terhadap dirinya sendiri
dapat ditunjukkan dengan sikap positif atau negatif sehingga nantinya dapat
menghasilkan perasaan berharga pada suatu perusahaan. Dan yang terakhir pada
keterikatan karyawan kepada perusahaan, akan memiliki pengaruh terhadap
loyalitas dan kemajuan perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh locus of control, self-esteem, dan keterikatan karyawan
terhadap kinerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu.
Kinerja karyawan menjadi landasan penting bagi organisasi/perusahaan
dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Kinerja karyawan merupakan
gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan dalam
mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi yang tertuang dalam strategi
perencanaan suatu organisasi. Locus of control adalah cara pandang atau persepsi
karyawan mengenai keberhasilan atau kegagalan dalam peristiwa yang sedang
dihadapi. Sedangkan self-esteem merupakan penilaian karyawan terhadap dirinya
sendiri sebagai evaluasi untuk menunjukkan sejauh mana seseorang tersebut
mempengaruhi dalam kehidupannya. Dan yang terakhir, keterikatan karyawan
adalah perasaan positif yang dimiliki karyawan terhadap pekerjaannya dengan
disertai antusiasme yang tinggi dengan pekerjaannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu data yang dapat
diukur, diberi nilai numerik, dan dihitung. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan
tetap PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu yaitu sebanyak 96 responden,
viii
dengan metode pengambilan sampel adalah menggunakan sensus. Sedangkan
metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan uji instrumen yaitu uji
validitas dan uji reliabilitas, persamaan regresi linear berganda, uji koefisien
regresi secara parsial (uji t), dan uji r square (r2
).
Hasil penelitian yang telah dilakukan pada PT Pos Indonesia (Persero)
Cabang Bengkulu menunjukkan bahwa (1) locus of control berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang
Bengkulu, (2) self-esteem berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu, dan (3) keterikatan
karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Pos
Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu.
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh locus of
control, self-esteem, dan keterikatan karyawan terhadap kinerja karyawan di PT
Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
menjadi masukan kepada pihak PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu
khususnya untuk mengukur kinerja karyawan di PT Pos Indonesia (Persero)
Cabang Bengkulu seperti dengan memberikan perhatian kepada para karyawan,
memberikan umpan balik tentang hasil kerja yang dilakukan, serta memberikan
bonus atas hasil kerja yang telah dilakukan.
Kata Kunci : Locus of Control, Self-Esteem, Keterikatan Karyawan, Kinerja
Karyawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:57
Last Modified: 19 Sep 2025 08:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25407

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor