PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. AGUNG AUTOMALL BENGKULU YANG DIMEDIASI OLEH KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Agil, Shofwan and Praningrum, Praningrum (2024) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. AGUNG AUTOMALL BENGKULU YANG DIMEDIASI OLEH KOMUNIKASI INTERPERSONAL. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
rell - SHOFWAN agil.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peranan yang penting untuk menunjang
aktivitas, kelangsungan, dan keberhasilan suatu perusahaan atau instansi. Sebab
sumber daya manusia merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal,
perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, daya, dan karya (rasio,
rasa, dan karsa). Banyak faktor yang mendorong dan mempengaruhi sumber daya
manusia yang dimiliki perusahaan agar bergerak ke arah positif. Perlakuan
terhadap manusia tentunya berbeda dengan perlakuan faktor produksi yang
lainnya, karena tenaga manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan
kemampuan untuk mengemban pekerjaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis
pengaruh karakteristik individu dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Selain
itu, juga menganalisis peran mediasi komunikasi interpersonal terhadap pengaruh
karakteristik individu dan kompetensi terhadap kinerja karyawan.
Penelitian ini menggunakan pendapat teori Sedarmayanti (2014) bahwa
faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja adalah faktor internal individu, faktor
lingkungan internal organisasi dan faktor eksternal organsiasi. Faktor-faktor
internal individu seperti karakteristik individu dan kompetensi, sedangkan faktor
internal organisasia dalah komunikasi interpersonal. Ketiga faktor tersebut akan
diuji pengaruhnya pada kinerja karyawan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden menggunakan teknik
offline. Sampel yang digunakan dalam analisis adalah 162 orang karyawan PT.
Agung Automall Bengkulu yang diambil dengan teknik sensus. Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis partial least square.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Nilai koefisien jalur
Karakteristik Individu dan Komunikasi Interpersonal sebesar 0,072 menunjukkan
bahwa pengaruh karakteristik individu terhadap komunikasi interpersonal
karyawan adalah positif sebesar 0,072, di mana jika karakteristik individu
semakin meningkat, maka komunikasi interpersonal karyawan semakin
meningkat. Nilai t-statistik jalur Karakteristik Individu dan Kinerja sebesar 8,104
dengan p-value sebesar 0,000. Nilai p-value 0,000 < alpha 0,05; berarti pengaruh
karakteristik individu terhadap kinerja karyawan adalah signifikan, yang berarti
hipotesis penelitian diterima; (2) Nilai koefisien jalur Kompetensi dan
Komunikasi Interpersonal sebesar -0,021 menunjukkan bahwa pengaruh
kompetensi terhadap komunikasi interpersonal karyawan adalah negative sebesar
0,021, di mana jika kompetensi karyawan semakin meningkat, maka komunikasi
interpersonal karyawan semakin menurun. Nilai t-statistik jalur Kompetensi dan
viii
ix
Kinerja sebesar 5,706 dengan p-value sebesar 0,000. Nilai p-value 0,000 < alpha
0,05; berarti pengaruh kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan adalah
signifikan, yang berarti hipotesis penelitian diterima; (3) Nilai koefisien jalur
Karakteristik Individu dan Kinerja sebesar 0,539 menunjukkan bahwa pengaruh
karakteristik individu terhadap kinerja karyawan adalah positif sebesar 0,539, di
mana jika karakteristik individu semakin meningkat, maka kinerja karyawan
semakin meningkat. Nilai t-statistik jalur Komunikasi Interpersonal dan Kinerja
sebesar 2,564 dengan p-value sebesar 0,011. Nilai p-value 0,011 < alpha 0,05;
berarti pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan adalah
signifikan, yang berarti hipotesis penelitian diterima; (4) Nilai koefisien jalur
Karakteristik Individu dan Kompetensi serta Kinerja sebesar 0,391 menunjukkan
bahwa pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan adalah positif sebesar
0,391, di mana jika kompetensi karyawan semakin meningkat, maka kinerja
karyawan semakin meningkat. Nilai t-statistik jalur Karakteristik Individu dan
Komunikasi Interpersonal serta Kinerja sebesar 0,510 dengan p-value sebesar
0,610. Nilai p-value 0,610 > alpha 0,05; berarti peran komunikasi interpersonal
pada pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja karyawan tidak signifikan,
yang berarti hipotesis penelitian ditolak; dan (5) Nilai koefisien jalur Kompetensi
dan Komunikasi serta Kinerja sebesar 0,091 menunjukkan bahwa pengaruh
komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan adalah positif sebesar 0,091,
di mana jika komunikasi interpersonal karyawan semakin meningkat, maka
kinerja karyawan semakin meningkat. Nilai t-statistik jalur Kompetensi dan
Komunikasi Interpersonal serta Kinerja sebesar 0,162 dengan p-value sebesar
0,871. Nilai p-value 0,871 > alpha 0,05; berarti peran komunikasi interpersonal
pada pengaruh kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan tidak signifikan,
yang berarti hipotesis penelitian ditolak.
Kata Kunci: Karakteristik individu, Kompetensi, Komunikasi dan Kinerja
Karyawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Sep 2025 08:18
Last Modified: 19 Sep 2025 08:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200