CUSTOMERS’ IMPRESSION TOWARD ONLINE SKINCARE RETAIL DIANCA GOODS

Annisa, Rahmita and Rina, Suthia Hayu (2024) CUSTOMERS’ IMPRESSION TOWARD ONLINE SKINCARE RETAIL DIANCA GOODS. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis]
Preview
Archive (Thesis)
CD SKRIPSI - SIAP CETAK - Rahmita Annisa Witman.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang disertai dengan meningkatnya persaingan
menghasilkan berbagai jenis inovasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Akibatnya,
perkembangan ini juga menuntut industri untuk terus meningkatkan kinerjanya.
Hal ini menyebabkan industri tidak hanya berusaha mencari pelanggan tetapi juga
berusaha untuk memastikan kepuasan pelanggan, yang pada akhirnya dapat
menghasilkan pelanggan yang setia dan tetap (klien).
Menurut Kotler dan Keller (2007), kepuasan konsumen adalah perasaan
senang, bahagia, sedih, atau kecewa seseorang yang muncul setelah
membandingkan kinerja (hasil) suatu produk yang dipikirkan terhadap kinerja
(hasil) yang diharapkan. Program CSR juga dapat menjadi salah satu tolak ukur
perusahaan untuk memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan, sehingga
pelanggan tersebut bisa menjadi pelanggan yang setia karena mereka merasa puas
(Luo dan Bhattacharya, 2006). Keuntungan (benefit) yang signifikan, menurut
Pollock et al. (2011), berpendapat bahwa social media marketing merupakan
pemanfaatan sumber daya dan waktu yang dilakukan perusahaan dengan
membangun platform untuk menciptakan loyalitas merek pada pelanggan, yang
penggunaannya lebih efektif dibandingkan metode tradisional. Alasan variabel
Sales Promotion digunakan karena untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen
dipengaruhi oleh Sales Promotion dengan berbagai promosi yang ditawarkan oleh
Dianca Goods. Sesuai dengan teori Duncan (2002) yang menyatakan bahwa
fungsi dari komunikasi pemasaran adalah untuk mendorong aksi dengan memberi
nilai tambah. Menurut Kotler dan Keller (2008), promosi penjualan menawarkan
insentif untuk membeli, sehingga manfaat yang ingin diberikan produsen dapat
xii
diterima oleh konsumen dengan baik. Promosi mendorong konsumen untuk
mencoba produk baru, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Promosi
penjualan juga bermanfaat untuk mempromosikan kesadaran konsumen yang
lebih besar terhadap harga (Kotler dan Keller, 2008).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana
terdapat pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini ada 5 hipotesis yang diuji,
pertama menguji pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kepuasan
konsumen, kedua menguji pengaruh Social Media Marketing terhadap kepuasan
konsumen, ketiga menguji Sales Promotion terhadap kepuasan konsumen,
keempat menguji pengaruh Perceived Value terhadap kepuasan konsumen
pembelian, dan kelima menguji pengaruh Corporate Social Responsibility, Social
Media Marketing, Sales Promotion, Perceived Value secara simultan terhadap
kepuasan konsumen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara
menyebarkan kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
yang pernah berbelanja produk dan mengikuti media sosial Dianca Goods. Jumlah
responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 250 responden.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear
berganda dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for
Windows.
Kata Kunci: Customer Satisfaction, Corporate Social Responsibility, Social
Media Marketing, Sales Promotion, Perceived Value, Skincare Product.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Sep 2025 08:42
Last Modified: 19 Sep 2025 08:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25435

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200