Fachriansyah, Aditya and Lizar, Alfansi (2024) PENGARUH BRAND IMAGE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA LIVE STREAMING SHOPEE SHOP DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
BISMILLAH_ACC_CETAK_SKRIPSI_ADIT[1] terbaru (1) - Aditya Fachriansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di
Singapura di bawah SEA Group, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.
Shopee diluncurkan dan masuk ke Indonesia pada 2015 dibawah naungan PT
Shopee International Indonesia. Shopee juga memperluas jangkauannya ke
Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Shopee dapat
diakses melalui website resminya dan aplikasi mobile berbasis Android dan IOS.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan Theory of Planned Behavior
atau TPB yang dikembangkan oleh Ajzen pada tahun 1988. TPB merupakan
penyempurnaan dari Theory of Reasoned Action (TRA) dari Fishbein & Ajzen
pada tahun 1967. TPB berfokus memprediksi intensi/niat individu untuk terlibat
dalam suatu perilaku pada waktu dan tempat tertentu. TPB adalah kerangka
konseptual yang bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor penentu perilaku
tertentu. Planned Behavior Theory didasarkan pada asumsi bahwa manusia adalah
makhluk yang rasional dan secara sistematis menggunakan informasi yang
mungkin akan mereka gunakan dalam proses pengambilan keputusan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui media
social serta teman dan keluarga. Teknik non-probability sampling digunakan
dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebagai metode pengambilan
sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 250 responden yang
menggunakan aplikasi Shopee live streaming di Kota Bengkulu. Kemudian data
yang diperoleh diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM)
dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Brand Image dapat mempengaruhi
Purchase Intention secara positif dan signifikan. 2) Online Customer Review
dapat mempengaruhi Purchase Intention secara positif dan signifikan. 3) Trust
dapat mempengaruhi Purchase Intention secara positif dan signifikan. 4). Brand
xi
Image dapat mempengaruhi Trust secara positif dan signifikan. 5). Online
Customer Review dapat mempengaruhi Trust secara positif dan signifikan. 6)
Trust dapat memediasi hubungan Brand Image terhadap Purchase Intention. 7)
Trsut dapat memediasi hubungan Online Customer Review terhadap Purchase
Intention. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa brand image dan
online customer review dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
purchase intention pada pengguna aplikasi Shopee live streaming, kemudian trust
dapat memediasi hubungan brand image dan online customer review terhadap
purchase intention.
Adapun saran praktis dalam penelitian ini Sebaiknya peneliti menyarakan
dari segi citra merek, Shopee live streaming harus lebih memperhatikan lagi
mengenai apa yang diingankan dan dibutuhkan oleh konsumen, serta mampu
untuk memberikan kesan yang baik terhadap saran dan keluhan yang disampaikan
oleh pelanggan Shopee live streaming supaya pelayanan yang diberikan dapat
menjadi lebih baik. Diharapkan kedepannya Shopee live streaming memberikan
citra merek yang baik dibenak konsumen dan pada akhirnya dapat menciptakan
kepercayaan pelanggan. Ini membuat konsumen ingin menggunakan aplikasi
Shopee live streaming Selanjutnya bagi akademisi adalah dapat menjadi sumber
informasi bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti dengan topik yang serupa
dimasa mendatang.
Kata Kunci: Brand Image,Oline Customer Review, Trust, Purchase
Intention
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 19 Sep 2025 08:47 |
| Last Modified: | 19 Sep 2025 08:47 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25436 |

