PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CAL (COMPUTER ASSISTED LEARNING) BIOLOGI BERPOLA INDUKTIF PADA POKOK BAHASAN PRINSIP HEREDITAS SMA KELAS XII SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN (Research and development)

Margareta, Ria and Bhakti, Karyadi and Aceng, Ruyani (2009) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CAL (COMPUTER ASSISTED LEARNING) BIOLOGI BERPOLA INDUKTIF PADA POKOK BAHASAN PRINSIP HEREDITAS SMA KELAS XII SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN (Research and development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of RIA MARGARETA-2.pdf] Text
RIA MARGARETA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar CAL (Computer Assisted
Learning) Biologi berpola induktif pada pokok bahasan Prinsip Hereditas SMA Kelas XII
dan untuk mengetahui pendapat siswa dan guru tentang bahan ajar CAL Biologi berpola
induktif pada pokok bahasan Prinsip Hereditas SMA Kelas XII. Jenis penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam lima tahap yaitu : (1) Analisis dan
Pengumpulan bahan, (2) Desain/ perencanaan, (3) Pengembangan draf bahan ajar, (4) Uji
coba lapangan terbatas, (5) revisi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah software
berupa Microsoft powerPoint 2003, Windows Media Player dan Flash Player, hardware
berupa seperangkat peralatan Komputer, dan lembar angket yaitu angket validasi ahli,
angket guru, dan angket siswa. Data hasil angket dianalisis secara deskriptif argumentatif.
Bahan ajar yang dikembangkan merujuk pada KTSP, Standar Kompetensi 3, Kompetensi
Dasar 3.1 dan 3.2, dilengkapi dengan item suara, video, animasi dan galeri gambar. Bahan
ajar bermemori pakai 375 MB yang disimpan dalam bentuk CD . Hasil angket validasi ahli
menunjukkan rata-rata skor penilaian terhadap bahan ajar CAL berpola induktif sebesar 66
termasuk dalam kriteria baik sekali, sedangkan rata-rata skor pendapat guru terhadap
bahan ajar 31,25 termasuk kriteria baik dan untuk rata-rata skor pendapat siswa sebesar
24,1 termasuk kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar CAL ini sudah
baik dan siap di implementasikan di sekolah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 22:19
Last Modified: 29 Nov 2013 22:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200