Cahyani, Rizka Auliya and Abas, Abas and Ahmad, Saddam Husein (2025) PENGEMBANGAN LKPD MATERI BIOTEKNOLOGI BERBASIS PjBL PADA PEMBUATAN TEMPE KACANG HIJAU (Vigna radiata) DI KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI RIZKA AULIYA CAHYANI (PERPUS UNIV)_compressed-compressed - Rizka Auliya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Salah satu mata pelajaran di kelas X SMA yaitu Bioteknologi. Bioteknologi
adalah ilmu yang memanfaatkan organisme untuk menghasilkan produk. Namun
materi tersebut cukup sulit dipahami jika tidak ditunjang oleh LKPD. Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan lembaran berisi materi ajar, rangkaian
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengembangkan LKPD Materi Bioteknologi kelas X SMA berbasis
Project Based Learning (PjBL) pada Pembuatan Tempe Kacang Hijau (Vigna
radiata). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang dilakukan
sampai tahap ke-3 yaitu Define, Design, dan Development. Penelitian ini
dilakukan di Laboratorium FKIP Universitas Bengkulu. Uji kelayakan LKPD
dilakukan oleh 3 orang validator ahli yaitu ahli materi, ahli media dan praktisi
pendidikan. Uji keterbacaan dilakukan kepada 20 orang peserta didik kelas X di
SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Berdasarkan penelitian pembuatan tempe kacang
hijau didapatkan hasil yaitu pada inkubasi 36 jam miselia jamur tumbuh menutupi
seluruh permukaan biji kacang hijau, sehingga tempe berwarna putih dengan
tekstur yang kompak. Kelayakan LKPD dengan presentase validasi ahli materi
78,5% kategori layak, ahli media 83,3% kategori sangat layak dan praktisi
pendidikan 100% kategori sangat layak. Persentase uji keterbacaan peserta didik
terhadap LKPD memperoleh rata-rata 93,7% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa
LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan
dalam pembelajaran bioteknologi kelas X SMA.
Kata Kunci : Bioteknologi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Project Based
Learning (PjBL), Tempe Kacang Hijau
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/25547 |