PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DENGAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 CURUP TIMUR

Anggraeni, Yanita and Diah , Aryulina and Riyanto, Riyanto (2009) PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DENGAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 CURUP TIMUR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of YANITA ANGGRAENI-2.pdf] Text
YANITA ANGGRAENI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran biologi melalui
penerapan pendekatan Quantum Learning dengan metode bermain untuk meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Curup Timur. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus perbaikan, setiap
siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X7 SMAN 1
Curup Timur tahun ajaran 2008/2009. Pengumpulan data menggunakan tiga jenis
instrumen yaitu pedoman observasi, angket, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif
dengan rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses
pembelajaran berpendekatan Quantum Learning dengan metode bermain dari satu siklus ke
siklus perbaikan berikutnya. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan pembelajaran
yang dilakukan oleh guru pada siklus II dan III, yaitu pada tahap memainkan rekaman
musik di dalam ruangan. Dengan adanya perbaikan oleh guru, siswa menjadi lebih
semangat belajar, semakin fokus pada proses pembelajaran, konsentrasi menyimak
pelajaran, tertib, dan aktif dalam proses pembelajaran. Rerata skor kegiatan guru pada
siklus I, II, dan III adalah tetap, yaitu 57. Rerata skor kegiatan siswa menunjukkan
peningkatan dari siklus I yaitu 43, ke siklus II yaitu 50, dan ke siklus III yaitu 56. Rerata
kompetensi pemahaman konsep (KPK) pada siklus I adalah 59, meningkat di siklus II
menjadi 74, dan meningkat lagi di siklus III menjadi 81. Rerata kompetensi kerja ilmiah
(KKI) pada siklus I adalah 84, meningkat di siklus II menjadi 90, dan menurun di siklus III
menjadi 89. Persentase ketuntasan belajar pada KPK pada siklus I adalah 52%, pada siklus
II mengalami peningkatan yang cukup besar menjadi 91%, dan pada siklus III meningkat
lagi menjadi 100%. Persentase ketuntasan belajar pada KKI pada siklus I, II, dan III adalah
tetap. Rerata skor motivasi belajar biologi siswa pada pembelajaran Quantum Learning
dengan metode bermain yaitu 31 dengan kategori tinggi. Persentase motivasi belajar siswa
adalah 41% berkategori cukup dan 59% berkategori tinggi. Motivasi belajar yang paling
tinggi yaitu berusaha unggul dalam kelompoknya dengan rerata 7,1.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 07:51
Last Modified: 30 Nov 2013 07:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2555

Actions (login required)

View Item
View Item